SULAWESI TENGAH

Ketua Pengadilan Tinggi Sulteng Tinjau Lokasi Pembangunan Pengadilan Negeri Ampana

TOUNA,-Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Provinsi Sulawesi Tengah, Mochamad Djoko SH,M.Hum, melakukan kunjungan kerja sekaligus meninjau lokasi pembangunan kantor Pengadilan Negeri di Kabupaten Tojo Una Una,Rabu (27/11/19).

Ketua PT Sulteng bersama rombongan tiba di Touna sekira pukul 13.30 wita dan langsung di terima Bupati Tojo Una Una Mohammad Lahay.

Usai melakukan pertemuan di Kantor Bupati Ketua PT Mochamad Djoko langsung menuju lokasi di dampingi Bupati, guna meninjau langsung lokasi pembangunan Kantor PN Touna.

Ketua PT Mochamad Djoko di sela sela peninjauan lokasi mengatakan bahwa agenda saya hari ini yakni melakukan kujungan kerja  serta meninjau langsung lokasi penderian kantor PN Ampana,yang tidak lama lagi disini akan mempunyai gedung yang reprsentatif,”semoga gedung PN segera di bangun, insya Allah sudah di sekneg semua kelengkapan nanti akan segera di resmikan oleh MA.

” mengenai persyaratan yang dimasukan oleh pemda itu semua sudah lengkap mulai dari sertifikat, persetujuan dari DPRD yang persyaratan yang di minta oleh Sekneg dan bapak MA semua  sudah lengkap, dimana salah satunya yang di usulkan di Sulteng Kabupaten Tojo Una Una paling lengkap,”ucapnya.

Lanjut Ketua PT untuk pembangunan kantor PN Ampana, mudah mudahan secepat mungkin

” saya berharap dengan dibangunnya PN Ampana ini ,lima tahun kedepan kalau ibu Kota Pindah ini penyangga utama,otomatis dengan berdirinya kantor pengadilan maka trust terhadap kepercayaan penegakan hukum terutama orang asing akan meningkat,kan sekarang masih jauh harus menempuh 3 jam ke Poso,tapi nanti dengan di bangunnya PN di Ampana,maka orang mencari ke adilan tidak jauh jauh lagi,”harapnya.

Jadi hari ini dengan ditinjaunya lokasi pembangunan kantor PN maka ,keluhan Masyarakat Touna sudah terjawab,dan kita doakan bersama supaya ini cepat terlaksana.

“Iya saya sudah berusaha, memang di sini termasuk lambat kenapa?karena saya baru masuk Bulan Januari dan saya cek ternyata kemarin itu hanya di usul di usul,tapi kalau saya ,saya urus sampai ke Sekneg,Insya Allah tinggal menunggu tanda tangan pak presiden Jokowi ,dan segera kita laksanakan Pembangunan, insya allah tak lama lagi, tutupnya.

Sementara itu terpisah Ketua Pengadilan (PN) Poso, Syafri Abdullah SH,MH, mengugkaokan ini merupakan suatu peradapan baru bagi Masyarakat Tojo Una Una. Karena di sini akan dibangun PN Ampana yang nantinya sudah terpisah dari Induknya yakni PN Poso,jadi ketika ini kantot PN Ampana sudah jadi Masyarakat tidak perlu lagi Jauh jauh ke Poso, artinya mendekatkan pelayanan dibidang hukum.

” Saya melihat catatan dari tahun 2013 untuk usulan PN tentunya melalui Pemerintah daerah melalui bagian Hukum, sambil menujuk salah satu pejabat yakni Mantan Kabag Hukum Marni Mangun artinya Masyarakat Tojo una una sudah mendapatkan pelayan di bidang hukum, iya Masyarakat Touna sudah merdeka dimana kata PN Poso Investor Itu akan datang Kalau suatu Daerah sudah ada PN, ada kepastian hukum,”tuturnya.

Penulis Berita: (JFR)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close