Poso

Ini Pesan Ketua DPRD Poso Tentang Aspirasi Masyarakat Dalam Musrembang Rancangan RKPD Poso 2020

Ketua DPRD Kabupaten Poso Sesi Mapeda. (Dok Instimewah)

POSO, Sigipos.com,- Ketua DPRD Kabupaten Poso Sesi Mapeda menyampaikan aspirasi masyarakat yang dirangkum DPRD Poso dalam pokok-pokok pikiran kelembagaan pada saat berbicara dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rancangan RKPD Kabupaten Poso melalui teleconference Selasa, (21/4/2020).

Sesi menyatakan untuk bidang keagamaan diperlukan peningkatan fasilitas keagamaan dan fasilitas penunjang yang diselenggarakan terhadap masyarakat. Sedangkan untuk bidang Pendidikan, Pemuda dan Olahraga diperlukan adanya peningkatan dukungan pemerintah daerah terhadap fasilitas pendidikan dan sekolah negeri maupun swasta yang diselenggarakan oleh masyarakat.

”Dipelukan pula peningkatan kompetensi dan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan” kata Sesi

Ketua Dewan Sesi membahkan lagi, diperlukan peningkatan sarana dan prasarana olahraga pada kelompok masyarakat untuk peningkatan kesehatan masyarakat, termasuk pendidikan karakter berbasis budaya.

Bagian lain yang disampaikan ketua DPRD Poso itu adalah pada bidang kesehatan dengan peningkatan kesadaran masyarakat pedesaan dalam pola hidup bersih dan sehat, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan baik di RSUD Poso maupun puskesmas-puskesmas di wilayah kabupaten Poso.

“Juga diperlukan peningkatan cakupan jaminan kesehatan dengan memberikan kemudahan pelayanan kesehatan terutama untuk warga/masyarakat miskin”tambahnya.

DPRD Poso juga menilai diperlukan peningkatan pembangunan dan pemeliharaan jalan dan jembatan dalam bidang Pekerjaan umum dan tata ruang. Peningkatan pembangunan jalan kabupaten diperlukan untuk akses dalam pemenuhan ekonomi masyarakat.

Menurut Sesi Mapeda Kabupaten Poso memeiliki potensi-potensi unggulan yang perlu dikembangkan yaitu sektor pertanian, perkebunan dan perikanan dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan.

“Pengembangan sektor pertanian dan perkebunan harus berpijak pada peningkatan kesejahteraan petani dan peningkatan ketahanan pangan perlu menjadi prioritas sebagai kita menjadikan sektor pariwisata juga menjadi sektor yang penting dalam menopang perekonomian daerah”jelasnya.

Dikatakannya potensi kelautan dan perikanan kabupaten Poso harus dikelola secara baik dan profesional sehingga dapat dilakukan dengan program pengembangan budidaya perikanan dan program pengembangan perikanan tangkap.

Dia berharap melalui forum Musrembang itu para pemangku kepentingan dapat secara aktif mengikuti dan memberikan masukan terhadap rencana kerja pemerintah daerah kabupaten Poso tahun 2021.

“Khususnya untuk menetapkan program dan kegiatan, rekomendasi kebijakan serta membangun komitmen bersama dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas dengan mengedepankan prinsip-prinsip transparansi, partisipasi dan akuntabilitas” tutupnya. ***

Sumber : Kominfosandi Kab Poso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close