SIGI

Bupati Dan Wabup Hadiri Kegiatan Orientasi Penyusunan Teknokratis RPJMD 2021-2025

Banggai, Sigipos.com,- Bupati Banggai Dr. Ir. H. Herwin Yatim, MM Didampingi Wakil Bupati Banggai Drs. H. Mustar Labolo,M.Pd serta Sekretaris Daerah Kabupaten Ir. Abdullah Ali,M.Si menghadiri kegiatan Orientasi Penyusunan Teknokratis RPJMD 2021-2025, Persiapan Evaluasi SAKIP dan IGA Award.

Turut dihadiri oleh Staf Ahli Bupati, Asisten 1,2,3 serta seluruh Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Sekretaris Perangkat Daerah hadir melalui Virtual,
Bertempat di Ruang Rapat Kantor Bappeda dan Litbang.

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Banggai Ramli Tongko dalam paparannya memaparkan tahapan penyusunan RPJMD berdasarkan Pasal 16 Permendagri 86 Tahun 2017, Persiapan sept s/d des (Sebelum Penetapan Kepala Daerah Wakil Terpilih) DILanjutkan S/D Kada Terpilih Di Lantik), Rancangan Awal (Di Mulai Sejak Kepala Daerah Wakil Terpilih Di Lantik S/D 50 Hari Kerja) Rancangan dan Musrenbang, Rancangan Akhir dan yang terakhir Penetapan RPJMD.

Persiapan Evaluasi SAKIP ada beberapa dokumen SAKIP terbaru yang nanti dievaluasi Tim Evaluator Kemenpan RB yang direncanakan pada minggu ketiga bulan september nanti yang harus dipersiapkan oleh Perangkat Daerah, untuk IGA Award agar bisa mempertahankan nilai indeks inovasi daerah kabupaten Banggai seperti pada tahun 2018 (peringkat 3 nasional ) dan tahun 2019 (peringkat 5 nasional) dengan kategori SANGAT INOVATIF, di tahun 2020 kabupaten Banggai minimalnya harus mengikutsertakan minimal 40 lnovasi, Kondisi Existing sampai pada tanggal 14 September 2020 baru terinput pada aplikasi PUJA INDAH Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri RI sebanyak 17 lnovasi yang telah memenuhi 31 Parameter IGA Award 2020, Berdasarkan rekapitulasi Bappeda Litbang terdapat 12 inovasi yang belum lengkap Evidence,32 inovasi yang tidak mengumpukan Evidence namun mengikuti Desk IGA dan 5 lnovasi yang tidak mengikuti Desk IGA 2020 sesuai surat edaran Bupati Banggai, sehingga diperlukan langkah – langkah percepatan dari pimpinan agar predikat SANGAT INOVATIF Kabupaten Banggai pada ajang IGA AWARD dapat dipertahankan, ungkap Ramli Tongko Kepala Bappedalitbang.

Bupati Banggai Dr. Ir. H.Herwin Yatim,MM mengatakan Kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Banggai merupakan salah satu Kabupaten yang akan melaksanakan pilkada serentak tahun 2020 ini. Oleh karena itu kita harus menyiapkan sebuah dokumen perencanaan daerah 5 tahunan yaitu rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

Hal ini sebagaimana diamanatkan pada peraturan menteri dalam negeri (permendagri) nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah bahwa RPJMD disusun melalui beberapa tahapan.
Tahapan dimaksud adalah persiapan penyusunan RPJMD, penyusunan rancangan awal rpjmd, penyusunan rancangan rpjmd, pelaksanaan musrenbang RPJMD, perumusan rancangan akhir RPJMD, serta penetapan RPJMD,” Ungkap Bupati

Selanjutnya Bupati juga menyampaikan kegiatan yang sedang kita laksanakan hari ini berupa orientasi RPJMD merupakan uraian kegiatan pada tahapan pertama yaitu persiapan penyusunan RPJMD. saya mengharapkan setelah orientasi RPJMD ini, dapat disusun agenda kerja tim penyusun RPJMD, penyiapan data dan informasi Perencanaan Pembangunan Daerah, yang bersumber dari data dan informasi dari keseluruhan OPD, serta penyusunan rancangan teknokratik RPJMD.

pada tahapan persiapan penyusunan RPJMD ini, diharapkan lahirnya sebuah dokumen rancangan teknokratik RPJMD, yang memuat kajian secara empirik dan ilmiah terhadap kondisi, potensi masalah dan isu-isu strategis yang dihadapi lima tahun ke depan.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa penggalian data awal, potensi dan isu-isu permasalahan strategis dari setiap OPD menjadi materi penting untuk penyusunan RPJMD teknokratik ini. dengan demikian, semua pelaksanaan program kegiatan nantinya juga akan lebih terukur. dari sinilah tergambar betapa penting dan strategisnya peran OPD dalam menjadikan Dokumen Perencanaan Daerah menjadi lebih berkualitas sesuai pendekatan perencanaan yang smart (specific/jelas, measurable/mampu diukur, achievable/mampu dicapai, realistic/masuk akal dan timely/ kapan akan dicapai).

” Saya berharap minggu terakhir bulan september tahun 2020 ini, tim Kemenpan-RB akan melakukan penilaian terhadap sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (sakip) dan innovative government award (IGA) tahun 2020. untuk itu saya minta semua perangkat daerah agar lebih siap dan serius mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan dalam proses penilaian nanti. persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan guna mensukseskan Evaluasi Sakip Kabupaten Banggai dan IGA Award, sehingga target mempertahankan sakip “A dan pengghargaan IGA award dapat kita wujudkan,”tutupnya. (Muh Basri)

(Sub.Bagian Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim Setda Banggai / Fitrah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top