Senin , 19 April 2021

Deputi Bidang Pencegahan KPK RI, Gelar Kegiatan Di Banggai

Banggai, Sigipos.com,- Bupati Banggai Dr. Ir. H. Herwin Yatim, MM bersama Wakil Bupati Banggai Drs. H. Mustar Labolo, M.Pd menghadiri Acara Tindak Lanjut Program Rencana Aksi Pencegahan Korupsi Tahun 2020 yang di laksanakan oleh Deputi Bidang Pencegahan KPK RI, berlangsung dilaksanakan Di Ruang Rapat Khusus Setda Kab. Banggai

Pada kegiatan tersebut turur di hadiri Gubernur Sulteng di wakili SekdaProv, Bupati/Walikota, Sekda, Inspektur, Kepala BappedaLitbang, Kadis Perkimtan, Kadis DPMPTSP Se – Sulawesi Tengah, Melalui Zoom/Virtual di tempat kerjanya masing-masing.

Hadir pula pada kesempatan itu Kasatgas Korwil II Bidang Pencegahan KPK RI (Bpk Wahyudi), Satgas Korwil II Bidang Penindakan KPK RI (Bpk Ambar Suseno), PIC Untuk Sulteng (Bpk Muh. Muslim Ikbal) Dan Tim Koordinasi Wilayah II Sulteng, Sumsel, Banten Dan Kalteng, Ketua DPRD Banggai, Sekda Banggai, Kadis Perkimtan, Kadis DPMPTSP, Inspektur, Kepala Bapenda, Sekdis PMD, Kabag Pengadaan Barang Dan Jasa, Kabag Prokopim Setda Kab. Banggai dan Inspektur Kab. Parimo

Bupati Banggai Dr. Ir. H. Herwin Yatim, MM dalam sambutannya menyampaikan atas nama masyarakat dan Pemerintah Kab. Banggai mengucapkan terima kasih dan selamat datang Kepada Wahyudi dan Rombongan selaku Tim Koordinasi Wilayah II Deputi Bidang Pencegahan KPK RI dan juga kepada Bapak Gubernur, Ketua DPRD dan para peserta Rapat.

Bahwa kondisi Daerah Kab. Banggai pada saat ini dalam keadaan aman dan kondusif sehingga pelaksanaan dan penyelenggaraan Pilkada berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama, terkait dengan pelaksanaan tindak lanjut pelaksanaan aksi pencegahan korupsi tahun 2020.

Reformasi Birokrasi pada hakekatnya merupakan upaya untuk melakukan pembahasan dan perubahan mendasar pada sistim penyelenggaraan Pemerintahan Daerah tentu saja yang merupakan aspek kelembagaan dan pelaksanaan Sumber daya manusia, selain itu reformasi birokrasi adalah langkah strategis untuk membangun aparatur negara agar lebih berdaya guna dan berhasil mengemban tugas pemerintahan serta pelayanan bagi kepentingan masyarakat di daerah ini.

Selanjutnya Wakil Bupati Banggai menambahkan antara lain memohon bimbingan dari Bapak Gubernur Sulteng dan dari Deputi bidang Pencegahan KPK RI yang telah memberi nilai MCP Kab. Banggai dari 74% pada tahun 2018, 90% pada tahun 2019 dan saat ini sampai dengan posisi tanggal 10 Desember memperoleh nilai 75,59%,dan ini merupakan hal yang dapat memberikan spirit kepada Kab. Banggai dan jajaran kami disini.

” semoga arahan dari KPK RI dalam rangka usaha pencegahan korupsi dengan sistem yang baik dan tentunya dapat memberikan jajaran pemerintahan untuk lebih On The Track dan selamat dunia dan akhirat,”pintanya.

Selanjutnya Ketua DPRD Kab. Banggai dalam sambutannya menyampaikan sebagai Pimpinan DPRD tentu kami sangat menyambut baik apa yang menjadi Program dari KPK RI bidang Pencegahan oleh Bapak Wahyudi bersama rombongan di Sulawesi Tengah dan kabupaten Banggai.

” Hal Merupakan bagian dari konsisten kita dimana DPRD menjadi bagian penyelenggara pemerintahan daerah olehnya itu tentu kita semua sangat bersyukur dan mendukung serta berupaya memberikan konsistensi sehingga penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan berwibawa dalam peyelengaraan pemerintahan di kab. Banggai ini sehingga kita dapat bekerja sama dengan baik,”katanya.

Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Mulyono,SE,Ak,MM menyampaikan kemajuan teknologi informasi akan menjadi instrumen untuk terus meningkatkan daerah bebas dari praktik korupsi.

“dalam mewujudkan perbaikan tata kelola pemerintahan dan penyelamatan keuangan dan asset daerah, Komisi Pemberantasan Korupsi telah menghadirkan aplikasi Monitoring Control For Prevention,”ucapnya.

Menurutnya, aplikasi MCP memberikan panduan atau roadmap dalam berkerja, sehingga tidak ada lagi rasa waswas dan khawatir dalam mengambil keputusan supaya semua program kinerja berjalan lancar.

Dengan hadirnya MCP pada aplikasi JAGA.ID, pemerintah daerah bisa menyampaikan laporannya tanpa harus menunggu tim dari KPK datang untuk melakukan monitoring.

Lanjut disampaikan capaian MCP Prov. Sulteng Tahun 2020 saat ini adalah 47% dengan capaian tertinggi MCP adalah Kab. Banggai berjumlah 75,59% dan capaian terendah pada Kab. Morowali Utara yaitu 18,53%.

Terakhir Ia berharap Pemprov dan Pemkab/kota, agar melakukan langkah-langkah strategis guna peningkatan capaian Monitoring Control For Prevention (MCP) sehingga untuk tahun depan capaian MCP Prov. Sulteng bisa meningkat.

Selanjutnya Sambutan Dan Arahan Kasatgas Korwil II Bidang Pencegahan KPK RI (Bpk Wahyudi) menyampaikan apresiasi yang sangat besar sekali terutama di Sulteng yang terkait dengan program program pencegahan dan pemberantasan korupsi dapat di inplementasikan dengan baik, seperti yang kami sampaikan tentang Tugas Tugas KPK sesuai dengan Pasal 6 UU No. 19 Tahun 2019 undang undang terbaru KPK, saat ini secara khusus upaya upaya pencegahan dan penindakan itu sudah seimbang tapi mungkin yang lebih menarik media itu upaya penindakan terutama bagi rekan rekan pers.

Dalam rangka upaya penindakan kami sangat prihatin secara khusus di Sulteng terjadi upaya penindakan dan ini merupakan warning bagi kita semua dan bukan berarti kami bangga tetapi dengan adanya upaya tindakan berarti upaya pencegahan yang kami lakukan gagal.

Dan kami sangat mendorong karena hari ini Kab. Banggai sudah menginisiasi kurang lebih pemenuhan merealisasikan kewajibannya terutama terkait dengan kewajiban penyerahan bagi pengembang, karena jatah yang kami miliki terutama di wilayah wilayah penyanggah yang ada pengembangnya.

” Hari ini kita bisa melakukan percepatan terutama terkait PSU perumahan yang belum diserahkan ke Pemda untuk segera di lakukan evaluasi dan kemudian selanjutnya untuk di lakukan upaya percepatan penyerahan PSU tersebut ke Pemda,” tutupnya.

Di lanjutkan dengan
Peyerahan Komitmen Potensi PSU Perumahan Oleh Pengembang Perumahan Kepada Pemda
melalui Penandatanganan Nota Kesepahaman Antara
1. PT. Pratam Indo Bumi Selebes
2. PT. Kacci Purnama Indah

dengan Kepala Dinas Perumahan, Permukiman Dan Pertanahan yang disaksikan oleh Bupati Banggai, Wakil Bupati Banggai, serta Tim Korwil II Deputi Bidang Pencegahan KPK RI. (Muh Basri)

(Sub. Bag. Dokumentasi Pimpinan Bag. Prokopim Setda Kab. Banggai/Marwin

About REDAKSI

Check Also

Kapolres Banggai Minta jajarannya untuk mengantisipasi kenaikan harga sembako di pasaran

Banggai, Sigipos.com,- Kapolres Banggai AKBP Satria Adrie Vibrianto SIK, MH, meminta jajarannya untuk mengantisipasi kenaikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *