Sabtu , 16 Oktober 2021

Yayasan Plan Internasional Indonesia-KOICA Bantu Sekolah Disigi

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

SIGI, Sigipos.com,- Yayasan Plan Internasional Indonesia dengan dukungan KOICA dan Plan internasional Korea memberikan bantuan baik fisik maupun non fisik kepada sekolah dasar di kabupaten sigi.

Seperti halnya Salah satu yang dilakukan yaitu penyerahan Peralatan sekolah (school kit) pada siswa dan siswi di SDN Sindodo, Kecamatan Sigi Biromaru secara simbolis pada Selasa (8/9/2020)

Safe school Project Coordinator Yayasan Plan International Indonesia, Enos Ndapareda mengungkapkan bahwa, sebagai lembaga yang fokus pada pemenuhan hak anak dan kesetaraan pada anak perempuan Plan Indonesia perlu memastikan bahwa anak tetap memperoleh pendidikan yang terbaik meski dalam situasi darurat bencana.

Pada saat ini dengan dukungan KOICA dan Plan Internasional Korea, Yayasan Plan international Indonesia sedang mengimplementasikan program satuan pendidikan aman bencana (SPAB) di sekolah dasar di kabupaten Sigi dengan tujuan utamanya adalah sekolah mampu mengurangi risiko yang timbul jika terjadi bencana di sekolah di waktu mendatang.

Menurutnya, saat ini Yayasan Plan International Indonesia sedang mengimplementasikan program satuan pendidikan aman bencana di 15 sekolah dasar yang tersebar pada kurang lebih 8 kecamatan di Kabupaten Sigi. Khusus dukungan dari KOICA dan Plan international Korea, implementasi sekolah aman dilakukan di 5 sekolah yaitu MIS alkhairaat Pakuli, SDN Pandere, SDI Lambara, SDN Sidondo dan SDI 1 Kaluku Tinggu.

“kita fokus pada dua bidang yakni fisik berupa perkuatan struktur atau retrofitting dan pembangunan ruang belajar semi permanen sedangkan nonfisik adalah pelatihan dewan guru, kepala sekolah, komite, orang tua dan dinas terkait serta bantuan lainnya berupa kebutuhan sekolah seperti tas, buku tulis dan peralatan perpustakaan,”ungkapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Dasar Pada Dinas Dikbud Sigi Andi Arno, S.Pd.,MM mengungkapkan rasa terima kasih dari pihak Pemerintah Kabupaten sigi pada pihak Yayasan Plan Internasional Indonesia yang sudah banyak memberikan bantuan kepada dunia pendidikan diwilayah kabupaten sigi baik secara fisik maupun nonfisik

” kami berharap pada pihak sekolah maupun pihak siswa kiranya bantuan yang disalurkan oleh pihak yayasan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, apalagi dengan keadaan saat ini wabah penyakit Covid 19 sehingga bisa digunakan oleh siswa melalui belajar dari rumah masing-masing,”harapnya.

Kepala sekolah SDN Sidondo Muhammad Syahid L, SS. M.Si juga mengucapkan banyak terima kasihnya pada pihak yayasan Plan Internasional Indonesia yang sudah memberikan bantuan fisik sarana dan prasarana perkuat struktur sekolah sebenyak dua ruangan, bantuan tong air dan bantuan kebutuhan siswa berupa Tas, buku tulis, pulpen dan peralatan perpustakaan.

” semoga saja kedepan bantuan pada dunia pendidikan dapat berkelanjutan,”pinta kepala sekolah. (Lin)

About REDAKSI

Check Also

Polisi Bekuk Pria Asal Kota Palu Bawa Sabu

SHARE :    SIGI, Sigipos.com- Satuan Reserse Narkoba Polres Sigi berhasil mengamankan seorang pria berinisial FM (30), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *