Minggu , 9 Mei 2021

Bupati Banggai Pimpin Rapat Monev Covid-19

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

Banggai, Sigipos.com,- Bupati Banggai Dr. Ir. H. Herwin Yatim, MM di dampingi Sekda Kabupaten Banggai Ir. Abdullah Ali, M.Si Memimpin Rapat Monev Penanganan Covid-19 di Ruang Rapat Umum Kantor Bupati Banggai,

turut hadir Mewakili Kajari Banggai, Para Pimpinan OPD Kaban BKPSDM, Kadis PMD, Kadis Kesehatan, Kaban BappedaLitbang, Kadis Kominfo, Kadis PU, Kaban BPBD, Kaban Bapenda, Kadis LH, Kaban BP2KB, Kadis Nakertrans, Kadis Pariwisata, Kepala Perpustakaan, Kadis Dikbud, Kadis Dukcapil, Kaban BPKAD, Kadis Perkimtan, Kadis Peternakan Keswan, Kasat Pol PP Damkar, Kabag Risalah DPRD Banggai, Kabid Angkutan Dishub, Camat Balantak, dan melalui Aplikasi Zoom Meeting, turut hadir Seluruh Camat, Forkopimcam, Lurah, Kepala Desa dan Seluruh Kepala Puskesmas se Kabupaten Banggai.

Bupati Banggai H. Herwin Yatim, dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan menyampaikan surat edaran Mendagri tentang pembatasan kegiatan masyarakat skala mikro, yaitu bagaimana strategi pemerintah dalam pencegahan covid-19 akan dilakukan dengan skala terbatas (skala kecil/mikro).

” khususnya untuk para Camat,
lurah dan Kepala Desa, dalam pencegahan covid-19 agar kiranya bertindak secara cepat dan tepat dalam satuan penanganan covid-19 dengan skala mikro,”pinta Bupati.

Bupati menghimbau kepada masing masing wilayah kecamatan yang dianggap tingkat terpaparnya covid-19 cukup tinggi (zona merah), diharapkan agar para camat dapat mengkoordinasikan kepada para lurah dan kepala desa untuk lebih melokalisir kegiatan dengan pembatasan skala mikro. Serta terus mengevaluasi dan melaporkan setiap perkembangannya ke tingkat Kabupaten.

” Untuk Aparat gabungan dalam hal ini Pol PP, TNI dan Polri dalam operasi yustisi, dan kepada wilayah Kecamatan, kelurahan dan desa yang di anggap zona merah tentunya harus ada penekanan yang lebih ketat dari aparat gabungan dalam pencegahan covid-19, tegas Bupati Banggai,”jelasnya.

Selanjutnya Sekda Banggai Abdullah Ali dalam arahannya menyampaikan perkembangan penyebaran covid-19 di kabupaten Banggai terus meningkat di sebabkan karena kita tidak disiplin dalam pelaksanaan protokol kesehatan dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19.

” Karena penyebaran covid-19 ini semakin tidak terkendali, jadi marilah kita bersama sama memeranginya, dengan cara menerapkan 6M, Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Mengurangi Kerumunan, Mengurangi Mobilisasi, Mensosialisasi kan Covid-19,”katanya.

Selanjutnya Kadis Kesehatan dalam laporannya tentang Situasi Perkembangan Covid-19 di Kabupaten Banggai Per 10 Pebruari 2021, 1060 Kasus, 128 Positif Aktif, 7 Dirawat RU, 121 Isolasi Mandiri dan Wilayah Zona Merah 4 Kecamatan : Luwuk Kota, Luwuk Utara, Luwuk Selatan dan Toili
Wilayah Zona Hijau 3 Kecamatan : Balantak Selatan, Balantak Utara dan Lobu.

Bupati Banggai H. Herwin Yatim, menyampaikan beberapa kesimpulan di antaranya: Khususnya kepada kecamatan luwuk, luwuk utara, luwuk selatan dan toili dalam waktu singkat untuk laporan langsung kepada saya dalam pembatasan kegiatan masyarakat skala mikro dan tetap konsisten dengan kegiatan yang kita lakukan.

Pemda bersama Forkopimda tetap memonitor kegiatan bapak/ibu camat lakukan. Selanjutnya masalah edaran Bupati akan tetap tunduk pada aturan Pemerintah yang lebih tinggi yaitu Edaran Mendagri tentang pembatasan kegiatan skala mikro. Untuk kegiatan sekolah belum bisa kita lakukan karena dengan peningkatan status zona merah untuk Kab. Banggai. Marilah kita bersama sama melaksanakan protokol kesehatan demi mengantisipasi penyebaran covid-19 yang semakin meningkat di Kab. Banggai. (Muh Basri)

(Sub Bag. Dokumentasi Pimpinan Bag. Prokopim Setda Banggai/ M. Ales)

About REDAKSI

Check Also

Upaya Pencegahan dan Penanganan Penyebaran Pandemi Covid Dilakukan Penyomprotan Disinfektan

SHARE :    Banggai, Sigipos.com,- Penyelenggaraan Desa Siaga Kesehatan melalui program PPKM skala Mikro dengan melakukan penyemportan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *