Selasa , 9 Maret 2021

Desa Matabas sukseskan stop BABS, Terima Piagam Penghargaan

Luwuk Banggai, Sigipos.com,– Kepala Desa Matabas Kecamatan Bunta mendapatkan, Piagam penghargaan (BABS.), Rabu (17/2/2021)

Program stop Buang Air Besar sembarang.(BABS) yang sdah berlangsung mulai tahun 2019. sampai 2021 Desa Matabas dinyatakan desa bebas BAB.

Kepala Desa Matabas Alpian Bode SH. Beserta seluruh aparat pemerintah desa dan ketua BPD Beserta angota BPD, mngucapkan selamat atas suksesnya pembangunan jambanisasi /WC, Yang Sudah merata 100, persen mempunyai jamban distiap rumah.

Program BABS, yang mengunakan angaran Dana Desa.(ADD) di setiap tahun, kini mendapatkan apresiasi dari pemerintah daerah dan kecmatan Bunta.

Kepala desa Matabas Alpian Bode SH memproritaskan Bantuan jamban kepada warga yang sudah mempunyai rumah tapi belum mempunyai jamban dan khususnya kepada ibu lansia yang berada di desa Matabas Sebanyak 50 KK para janda sebanyak 27 orang.

” Ucapan banyak terimakasih kepada pemerintah daerah, dinas kesehatan yang telah peduli dengan program pemerintah desa tentang kebersihan lingkungan masyarakat desa Matabas,”jelasnya.

Menurutnya, Desa Matabas yang mempunyai jumlah KK sebanyak 105 KK dan Kini Semua telah memiliki jamban/WC Sehinga program kepala desa Matabas bebas BABS..berhasil dan mendapatkan piagam penghargaan..

” prinsip utama tempat pembuangan tinja adalah, Suatu wadah atau tempat yang mampu menjaga atau mencegah tinja tersebut agar tidak mencemari air.
Terutama Air untuk sumber air minum dan tidak mencemari tanah,”ungkapnya.

Kata kades lagi, Dengan tema ditahun 2021, stop Buang air besar sembarangan.(BABS) olehnya di himbau kepada seluruh masyarakat atau kelompok kesehatan masyarakat desa Matabas yang kesadaran dan kepentingan untuk memajukan derajat kesehatan mempunyai peran yang sangat penting dalam promosi perilaku stop Buang air besar disembarangan tempat.

Alpian Bode menegaskan dengan ada kelompok kesehatan pentingnya kita untuk saling mengingatkan cara mengunakan jamban yg benar Agar kita semua bebas dari penyakit penyakit yg kita tidak inginkan.

Apalagi dengan adanya wabah virus Corona covid 19 yg sudah tersebar di seluruh dunia..maka dari inilah mari kita menjaga kebersihan lingkungan kita..

” saya juga menghimbau agar mematuhi protokoler kesehatan dengan 3M, mari kita lawan dengan kebersihan lingkungan cuci tangan pakai masker hindari kerumunan, agar kita terhindar dari penyakit,” tutur kades.( Muh Basri)

About REDAKSI

Check Also

Dandim 1308/LB Lepas Tim INKAI Banggai Menuju Open Turnamen Kandaga Prana Gorontalo Cup II 2021

BANGGAI- Bertempat dilapangan apel Makodim 1308/LB, jalan Samratulangi Kelurahan Bungin Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *