Minggu , 28 Februari 2021

Terbukti Lakukan Pelanggaran Kode Etik, Tiga Panwascam di Sigi Terancam Dipecat

Foto : Komisioner Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa pada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sigi, Agus Salim Irade,

SIGI, Sigipos.com,- Tiga orang panitia pengawas kecamatan (panwascam) di Kabupaten Sigi terancam dipecat setelah dianggap terbukti melakukan pelanggaran kode etik pengawas pemilu.

Hal itu diakui Komisioner Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa pada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sigi, Agus Salim Irade, Minggu (14/6/2020).

Menurutnya, tiga panwascam tersebut telah diberi surat teguran tertulis oleh pihak Bawaslu Sigi karena dinilai telah melanggar kode etik pengawasan pemilu.

“Surat teguran itu kami berikan setelah kami menerima laporan dari sejumlah partai politik atau parpol dan kemudian kami melakukan tindak lanjut serta kajian secara mendalam dan obyektif,” ungkap Agus.

Katanya, pihaknya telah mempelajari laporan serta melihat gambar sebagai bukti, dimana tiga panwascam bersangkutan diduga kuat telah melanggar kode etik sebagai pengawas di tingkat kecamatan.

“Kalau rurat teguran itu tidak diindahkan, maka kami tidak segan untuk memecat mereka. Kejafian ini juga sekaligus menjadi peringatan bagi semua anggota panwascam agar mengikuti sumpah yang telah diucapkan saat dilantik,” tutupnya. (YT)

About REDAKSI

Check Also

Bupati Terpilih Mohamad Irwan, Bersama Pejabat Publik Jalani Vaksinasi Covid-19 Kedua

SIGI, Sigipos.com, – Bupati terpilih Mohamad Irwan, bersama sejumlah pejabat publik di Kabupaten Sigi menjalani …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *