Rabu , 28 Juli 2021

Untuk Kebutuhan Pengawasan Pilkada, Bawaslu Sigi Terima 100 Persen Dana Hibah Pemkab Sigi

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

Foto : Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sigi, Rahmat Latjinala

SIGI, Sigipos.com,- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sigi telah menerima 100 persen dana hibah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi untuk kebutuhan pelaksanaan pengawasan Pilkada di Sigi tahun ini.

Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sigi, Rahmat Latjinala mengatakan dana hibah tersebut terakhir diterima tanggal 24 Juni lalu dengan nilai transfer sebesar Rp5,4 miliar dari total dana hibah sebesar Rp9 miliar.

“Sementara realisasi dari anggaran tersebut hingga 30 Juni adalah sekira 30 persen dimana antara lain direalisasikan untuk belanja uang kehormatan jajaran pengawas, operasional perkantoran hingga perjalanan dinas jajaran,” ungkap Rahmat, Rabu (15/7/2020).

Menurutnya, serapan anggarannya memang tergolong masih rendah karena jajaran pengawas dari tingkat kecamatan dan desa sempat dinonaktifkan sementara selama dua bulan karena adanya pandemi Covid-19.

“Mereka sempat off 2 bulan, yakni pada April dan Mei. Itu menjadi salah satu penyebab serapan anggarannya kini masih berkisar 30 persen. Apalagi pengalokasian anggaran di bawaslu saat ini mengalami perubahan perencanaan akibat Covid-19,” ujarnya.

Rahmat pun menyatakan bawaslu secara keseluruhan diminta melakukan restrukturisasi untuk belanja prioritas yakni alat pelindung diri (APD) untuk jajaran pengawas dari kabupaten hingga Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

“Salah satu dampak rekstrukturisasi yaitu beberapa kegiatan yang dulunya dilakukan tatap muka, kini diubah menjadi daring. Sementara kami masih mengalami kendala mengingat masih ada beberapa kecamatan yang sulit dijangkau jaringan internet, sehingga output dari pertemuan daring ini belum seluruhnya bisa maksimal,” sambungnya.

Lanjutnya, dampak Covid-19 memunculkan proyeksi akan ada penambahan TPS dari sebelumnya 550 TPS menjadi 600 TPS. Olehnya, Bawaslu Sigi masih harus melakukan efisiensi agar dapat menanggulangi pelaksanaan pengawasan di 45 TPS baru yang nantinya ditambah, seperti efisiensi perjalanan dinas, kegiatan hingga efisiensi sebagian belanja operasional perkantoran.

“Dengan dana yang ada ini, kami tetap harus memaksimalkan tugas dan fungsi pengawas di seluruh tahapan pilkada,” tutupnya. (YT)

About REDAKSI

Check Also

Tim Inafis Polres Sigi Olah TKP Penemuan Mayat di Maranatha

SHARE :    SIGI, Sigipos.com– Tim Inafis Polres Sigi melakukan olah TKP penemuan mayat pria berinisial SI …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *