Minggu , 28 Februari 2021

Melalui Program Kelompok Tani Palusan Aparat Desa, Kades Potugu Bangkitkan Kembali Jiwa Gotong Royong

Buol,Sigipos.com-Dalam upaya mengembangkan lahan pertanian dan perkebunan dimusim pandemi covid 19, Kepala Desa Potugu Jufri Ali, S.IP kembali membangkitkan jiwa gotong royong dalam Kelompok Tani Palusan Aparat Desa yang mana sebagai program pengembangan pembukaan lahan-lahan tidur. Ungkap Kades Potugu kepada media ini 20/02/2021.

Menurut Kades Potugu saat dikonfirmasi mengatakan bahwa salah satu cara untuk membangun ekonomi rakyat dimusim covid 19 adalah dengan cara melakukan pembukaan lahan-lahan tidur yang tidak dikelolah lagi untuk dimanfaatkan terutama bagi aparat desa untuk membuka lahan yang disebut dengan nama Palusan (gotong royong ).

” Saya sudah programkan bagi aparat desa untuk segera membuka lahan pertanian dan perkebunannya masing-masing yang dikerjakan secara kolektif atau kerja bakti untuk setiap aparat desa sesuai dengan giliran yang mana sudah dijadwalkan secara rutin setiap hari sabtu atau hari minggu pada saat hari libur ” terangnya

Lanjut Kades Potugu, dalam pembukaan lahan tersebut sudah disiapkan alat pertanian dalam mengelolah sawah yakni mesin traicer padi dan jagung, dan ini juga sudah mendapat sahutan positif dari Dinas Ketahanan Pangan Buol terkait dengan terebosan program yang dimaksud. Sebutnya

Dalam Kelompok Tani Palusan Aparat Desa Potugu tersebut tidak lain tujuannya adalah sebagai contoh ditengah-tengah masyarakat bahwa aparat desa merupakan panutan bagi masyarakat untuk mengembangkan ekonomi dengan membuka lahan pertanian dan perkebunannya, dan juga memberikan motivasi dalam pembukaan lahan tidur untuk dapat dikembangkan secara gotong – royong, bahu membahu dan bekerja sama dalan program tersebut.

” kedepan kita lebih mengarah lagi untuk memotivasi masyarakat dalam membuka lahan pertaniannya yang akan dianggarkan oleh dana yang ada, dan beberapa bulan lalu sudah diserahkan kepada petani bibit jagung sekitar 500 Kilogram papar Kades Potugu.

Kades Potugu berharap untuk kedepan tidak ada lagi lahan aparat desa bahkan masyarakat yang tidak dibuka, semuan lahan-lahan tidur harus dimanfaatkan untuk diolah dan ditanami bibit padi.

Diketahui bahwa Kades Potugu turut serta dalam gotong royong pembukaan lahan aparat desa termasuk melakukan penanaman padi disalah satu lahan persawahan aparat desa yang tergabung pada Kelompok Tani Palusan Aparat Desa Potugu.  ( Ady Lasuma )

About REDAKSI

Check Also

Kapolres Buol Pimpin Upacara Sertijab Enam Pejabat Utama

Buol,Sigipos.com – Dalam rangka peningkatan kualitas kinerja serta dinamika organisasi, Kapolres Buol AKBP Dieno Hendro …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *