Senin , 26 Juli 2021

Pemkab Sigi Gelar Musrenbang RKPD Sigi Tahun 2021

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

SIGI, Sigipos.com,- Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Sigi Tahun 2021.

Musrenbang inj mengusung tema Pertumbuhan Ekonomi Berbasis Agribisnis Yang Didukung Oleh Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Infrastruktur”.

Melalui Badan Perencanaan Penelitian Dan Pembangunan Daerah Kabupaten Sigi, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi secara virtual di Aula Kantor Bupati Sigi pada Selasa, (30/3/2021).

Ketua DPRD Kabupaten Sigi Rizal Intjenae dalam sambutannya mengatakan bahwa Musrenbang Kabupaten Sigi Tahun 2021 yang dilaksanakan saat ini merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan sebagaimana diamanatkan oleh UU Nomor 25 Tahun 2004 Tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional serta Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 dimana proses penyelenggaraan pembangunan dilaksanakan secara bersama-sama antara Pemerintah dan seluruh komponen masyarakat

Sebagai mitra Pemerintah Daerah Rizal mengharapkan agar Musrenbang ini betul-betul merupakan suatu kesempatan untuk mengkomunikasikan perencanaan sehingga dalam pengaplikasiannya betul-betul menyentuh problem dan kebutuhan serta berdampak pada kebaikan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten Sigi.

” Pada prinsipnya DPRD sangat mendukung upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sigi yang berbasis agribisnis dimana perlu ketersediaan SDM yang terampil serta infrastruktur yang memadai,”ungkapnya.

Dalam Musrembang ini, Ketua DPRD mengusulkan salah satu pokok fikiran DPRD Kabupaten Sigi yaitu mempercepat pembangunan Kantor DPRD Kabupaten Sigi.

” DPRD Sigi sangat mengapresiasi Pemerintah Daerah atas prestasi yang diraih Pemda Kabupaten Sigi dalam kurun waktu beberapa tahun ini. Sebagai Lembaga Perwakilan Rakyat yang menjadi unsur bagian dari penyelenggaraan Pemerintah Daerah yang sama-sama berkomitmen untuk membangun Kabupaten Sigi yang lebih baik. Kami sangat mendukung seluruh program-program Pemda Kabupaten Sigi untuk kemajuan serta kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sigi,”harap Rizal Ketua DPRD Sigi.

Sementara itu, Wakil Bupati Sigi mengatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang Kabupaten 2021 bertujuan untuk membahas Rancangan RKPD Tahun 2022. Pembahasan Rancangan RKPD dilaksanakan dalam rangka menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah, menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif indikator dan target kinerja serta lokasi, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan, serta klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah Kabupaten dengan program dan kegiatan Desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan.

” ini sudah disinkronkan dengan visi misi dan program unggulan serta program kolaborasi yang tertuang dalam rancangan awal draft teknokratik RPJMD 2021 -2026. Visi dan misi tersebut selanjutnya dijabarkan dalam RPJMD Kabupaten Sigi Tahun 2021-2026 kedalam 9 prioritas Pembangunan Daerah Kabupaten Sigi yang akan menjadi acuan bagi kita dalam pelaksanaan pembangunan, khususnya dalam menyusun program dan kegiatan Tahun 2021.

Seperti Peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan derajat kesehatan masyarakat, peningkatan ketersediaan infrastruktur dan energi, penanggulangan kemiskinan, revitalisasi pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan berbasis agribisnis, peningkatan iklim investasi dan iklim usaha, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup berbasis mitigasi bencana, reformasi birokrasi dan tata kelola sampai pada Pemerintahan Desa, meningkatkan kualitas ketertiban, keamanan dan harmonisasi sosial berdasarkan budaya dan kearifan lokal.

Selanjutnya dalam penyusunan program dan kegiatan Tahun 2022, agar Kepala Perangkat Daerah memperhatikan dan menyelaraskan dengan program-program unggulan Kepala Daerah dan program lintas sektor yaitu : 10 Program Unggulan dan Program Lintas Sektor (Kolaboratif). Program dan kegiatan tersebut hendaknya tetap memperhatikan prinsip Money Follow Program.

“Mulai Tahun ini akan diberlakukan Bansos Hibah Terintegrasi untuk efisiensi dan efektifitas bansos hibah artinya berharap tidak ada lagi tumpang tindih bantuan. Sehingga harapannya semua proposal sudah masuk pada bulan juni dan Ia berpesan kepada para Camat agar menyampaikan kepada seluruh Kepala Desa agar semua usulan yang sudah clear ditingkat perencanaan sampai ditingkat Kabupaten paling lambat bulan Juni setiap tahun proposal susulan atau pendukung usulan sudah harus diterima di Kabupaten,”tutupnya. (Lin/HKS)

About REDAKSI

Check Also

Tim Inafis Polres Sigi Olah TKP Penemuan Mayat di Maranatha

SHARE :    SIGI, Sigipos.com– Tim Inafis Polres Sigi melakukan olah TKP penemuan mayat pria berinisial SI …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *