Jumat , 22 Oktober 2021

Kepala BNPB RI, Tanam Pohon Dia Area Huntap Pombewe

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

SIGI- Wakil Bupati Sigi, Dr. Samuel Yansen Pongi dan Kepala BNPB RI Letjen Doni Munardo melakukan penanaman pohon bersama di area Hunian Tetap (huntap) desa Pombewe Kecamatan Sigi Biromaru.

Penanaman pohon ini juga dihadiri oleh Gubernur Sulawesi tengah Drs. H Longki Djanggola M.Si, Danrem 132 Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf M.A, Anggota DPD-RI Lukky Semen, Dandim 1306 Donggala/Sigi, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi, Kadis Kehutanan Provinsi, Perwira penghubung Kodim 1306 Donggala Sigi, Anggota DPRD Sigi,kepala BPBD Sigi, Kadis Lingkungan Hidup Sigi dan Kepala Satuan Pol-PP dan Damkar Sigi. Kamis, 1 April 2021.

Mengawali kegiatan ini, Kepala BNPB RI menjelaskan mengapa jenis pohon trembesi atau dengan nama latin Samanea Saman dipilih karena, diperkuat dengan hasil penelitian Dr. Endes N. Dahlan, Dosen Fakultas Kehutanan IPB, yang mengatakan bahwa pohon Trembesi adalah penyerap polutan terbaik. Satu pohon Trembesi yang lebar kanopinya telah mencapai 15 m, mampu menyerap polutan atau gas CO2 sebanyak 28,5 ton per tahun.

Pohon ini termasuk jenis tanaman “die hard”. Dapat tumbuh di tempat yang tandus dan di tempat yang lembab atau basah, di daerah tropis yang tumbuh hingga ketinggian 600 meter diatas permukaan laut.

Selanjutnya Kepala BNPB RI mengatakan dengan dilakukannya Penanaman pohon pada hari ini di harapkan kawasan komplek Huntap yang dihuni oleh korban Bencana alam gempa dan tsunami ini menjadi lebih hijau dan menjadi teduh.

Senada dengan apa yang di sampaikan oleh Kepala BNPB RI, Gubernur Sulawesi Tengah juga menyampaikan harapannya semoga dengan adanya kegiatan penanaman pohon di kawasan komplek Hunian Tetap kawasan ini bisa lebih menjadi sejuk dan juga menjadi tambahan oksigen yang ada di wilayah ini.

Usai kegiatan penanaman pohon tersebut Wakil Bupati Sigi turut serta mengantar Rombongan Kepala BNPB RI menuju Bandara Mutiara Palu.

About REDAKSI

Check Also

Dua Buah Ranperda Disetujui 7 Fraksi DPRD Sigi

SHARE :    SIGI, Sigipos.com,– Dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diusulkan oleh Badan Pembentukan Peraturan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *