Senin , 26 Juli 2021

Wabup Sigi Samuel Hadiri Rakor penanganan Covid-19

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

PALU- Wakil Bupati Sigi Dr. Samuel Yansen Pongi, menghadiri rakor penanganan Covid-19 di Provinsi Sulawesi Tengah, yang dipimpin langsung oleh Kepala Satgas Covid-19 nasional yang juga sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo. Rabu 31 Maret 2021, bertempat di ruang Polibu Kantor Gubernur Sulawesi Tengah.

Pada rapat tersebut selain Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola hadir pula para Bupati dan Wali kota Provinsi Sulteng, unsur Forkopimda, anggota DPD RI, DPRD Provinsi, PUPR, PLN, dan sejumlah pihak lain baik yang hadir secara langsung maupun virtual.

Pada kesempatan tersebut Letjen TNI Doni Monardo menyampaikan bahwa, kehadirannya di Provinsi Sulteng untuk melakukan monitoring dan evaluasi terkait penanganan Covid-19 serta mengevaluasi perkembangan penyaluran dana stimulan dan penyerahan hunian tetap (huntap) bagi warga yang terdampak.

Menurutnya dari hasil pantauan dan berdasarkan data yang masuk, secara umum kasus Covid-19 di Provinsi Sulteng trennya menurun dan di bawah rata-rata Nasional. Di lihat dari tren tersebut penanganan Covid-19 di sulawesi tengah sudah cukup baik, tinggal terus ditingkatkan prokes 3M dan 3T,”.

Serta Doni menyampaikan yang harus diantisipasi kedepanya adalah adanya momen puasa dan libur Idul Fitri. Jangan sampai kasusnya kembali naik akibat mobilitas masyarakat karena dari hasil evaluasi libur tahun lalu seperti Idul Fitri, Kemerdekaan, Maulid Nabi, dan Libur Akhir Tahun, kasus yang muncul selalu meningkat. Makanya saat libur Idul Fitri tahun ini harus jadi perhatian agar hal tersebut tidak terjadi.

Selain itu juga pihaknya meminta pemerintah provinsi dan daerah mempercepat vaksinasi Covid-19 serta cepat mengusulkan jika kekurangan vaksin.

“Vaksinasi ini untuk meningkatkan herd imunity, makanya harus cepat dilakukan. Kalau masih ada kekurangan, cepat usulkan supaya bisa didrop tepat waktu,” tuturnya.

Untuk permasalahan dana stimulan serta penyerahan hunian tetap bagi warga yang terdampak beliau menyampaikan kiranya pemerintah setempat bersama unsur terkait lainya dan masyarakat harus melakukan kordinasi, komunikasi dan bekerjasama dengan baik dalam menyelesaikan permasalahan tersebut sehingga penyerahan bantuan stimulan dan hunian tetap dapat tepat sasaran dan warga yang terdampak yang masih berada di hunian sementara dapat segera menempati hunian tetap yang telah dibangun.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menyebutkan, hingga saat ini kasus Covid-19 tingkat provinsi yang positif tercatat ada 11.221. Untuk kasus aktif 815 (7,26%), kasus sembuh 10.112 (90,11%), dan yang meninggal dunia 294 (2,63%). Sedangkan vaksin yang sudah diterima mencapai 163.660 dosis dan yang sudah disuntikan sekitar 105.000 lebih.

Pada rapat koordinasi tersebut Wakil Bupati Sigi menyampaikan laporan tentang perkembangan Covid-19 dan proses penanganan dan Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sigi sehingga perkembangan Covid-19 di kabupaten sigi trenya mengalami penurunan dan untuk penyaluran stimulan serta penyerahan hunian tetap akan segera diselesaikan sebelum program 100 hari kerja berakhir, melalui langkah memvalidasi data kembali dan melakukan uji publik terhadap warga yang akan menempati hunian tetap agar bantuan yang diberikan tepat sasaran kepada warga yang berhak mendapat bantuan.

About REDAKSI

Check Also

Istri dan Anak Walikota Palu Positif Covid-19

SHARE :    PALU, Sigipos.com- Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) mengumumkan secara resmi, keluarga Wali Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *