Sabtu , 16 Oktober 2021

Wabup Banggai Ikut Video Conference Rakor Bersama Presiden

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

BANGGAI, Sigipos.com- Bupati Banggai yang diwakili Wakil Bupati (Wabup) H. Mustar Labolo bersama Forkopimda Kabupaten Banggai dan para Asisten, mengikuti Video Conference Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Daerah seluruh Indonesia dengan Presiden Jokowi di ruang rapat khusus kantor Bupati Banggai, Rabu (28/04).

Dalam Video Coference itu, Presiden menyampaikan beberapa hal, terutama yang berkaitan dengan penyebaran covid-19 dan juga pertumbuhan ekonomi nasional.

Terkait lonjakan covid-19 yang terjadi di India saat ini, Presiden kembali mengingatkan kepada seluruh Kepala Daerah agar dapat mengendalikan situasi di daerahnya dan tetap berhati-hati terhadap lonjakan yang mungkin terjadi, terutama mengingat dekatnya hari raya Idul Fitri yang dapat berkontribusi atas lonjakan kasus covid-19.

Selanjutnya, berkaitan dengan ekonomi nasional, Presiden Jokowi menginstruksikan kepada seluruh daerah untuk segera membelanjakan APBD, terutama belanja modal yang harus disegerakan untuk perputaran uang di daerah, guna pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di daerah.

“Pentingnya investasi di daerah terhadap pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu daerah harus membuka diri dan memberikan kemudahan kepada para investor untuk berinvestasi di daerah, baik itu pelayanan perizinan atau pelayanan lainnya terkait investasi di daerah, guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional,” tegas Presiden.
Presiden juga menegaskan kepada para Kepala Daerah tentang 2 pokok utama. Yaitu, covid dan ekonomi. Karena saat libur panjang, perkembangan Covid-19 semakin naik.

“Percepat vaksinasi di setiap daerah, pertumbuhan ekonomi Indonesia harus mulai memasuki pemulihan di tahun 2021. Pertumbuhan konsumsi listrik (meningkat mencapai 3,3% di bulan Maret 2021). Selanjutnya pertumbuhan impor barang modal (meningkat mencapai 33,7 di Maret 2021), Indeks Keyakinan Konsumen meningkat mencapai 93,4, Indeks penjualan Ritel (RSI) meningkat mencapai 182,3, Belanja Pemda harus disegerakan,” urai Presiden.

Sebelum menutup arahannya, Presiden Joko Widodo menegaskan agar pemerintah daerah memperhatikan pokok utama dalam rapat kali ini, yaitu tentang Covid-19 dan Ekonomi. (muh. Basri)

About REDAKSI

Check Also

Wabup Banggai Paparkan Materi Peran Pemda untuk kemajuan Universitas Tompotika Luwuk

SHARE :    Banggai, sigipos.com,- Wakil Bupati Banggai, Drs.H. Furqanuddin.M paparkan materi Peran pemerintah Daerah Dalam Pembangunan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *