Rabu , 28 Juli 2021

Wakil Bupati Sigi Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala Tahun 2021

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

SIGI, Sigipos.com – Wakil Bupati Sigi Dr. Samuel Yansen Pongi,S.E., M.Si, Memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Tinombala Tahun 2021 di Kabupaten Sigi, Bertempat di Lapangan Mako Polres Sigi, Rabu (5/5/2021)

Apel ini juga diikuti oleh Kapolres Sigi AKBP. Yoga Priyahutama,S.H., S.I.K, M.H, Wakapolres Sigi, Komandan Kodim 1306 Donggala yang diwakili oleh Perwira Penghubung, Kalak BPBD, Kadis Kesehatan, Sekretaris Satpol PP dan Damkar, perwakilan dari Dinas Perhubungan dan Dinas PUPR Kabupaten Sigi, Kepala Cabang Jasa Raharja Kabupaten Sigi, para Kabag, Kasat dan seluruh Perwira Polres Sigi, dan para Kapolsek Jajaran Polres Sigi.

Dalam amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, yang dibacakan oleh Wakil Bupati Sigi mengatakan bahwa Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat-2021 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H,baik pada aspek personal maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra Kamtibmas lainnya.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H tren kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,03%. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan aktifitas masyarakat khususnya menjelang akhir Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Ini merupakan tahun kedua Pemerintah mengambil kebijakan tersebut karena situasi pandemi Covid-19. Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa keputusan tersebut diambil melalui berbagai macam pertimbangan, yaitu pengalaman terjadinya tren kenaikan kasus setelah pelaksanaan libur panjang, termasuk peningkatan kasus sebesar 93% setelah pelaksanaan libur Idul Fitri pada Tahun 2020/1441 H

Polri menyelenggarakan Operasi Ketupat-2021 yang akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai dari tanggal 6 -17 Mei 2021. Semangat yang ingin saya tanamkan dalam Ops Ketupat 2021 adalah upaya Polri dalam mencegah penyebaran Covid-19 melalui penyekatan dan penegakan terhadap protokol kesehatan.

Prioritaskan langkah-langkah preemtif dan preventif secara humanis, sehingga masyarakat betul-betul mematuhi prokes. Laksanakan penegakan hukum sebagai upaya terakhir “ultimum remedium” secara tegas dan profesional kepada pelanggar protokol kesehatan yang sudah berulang kali serta oknum-oknum masyarakat yang menimbulkan dampak negatf kesehatan secara luas dan menciptakan klaster baru Covid-19.

Tujuan yang ingin dicapai adalah masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman serta terhindar dari bahaya Covid-19.

Kapolri berharap capaian yang diperoleh berdasarkan pada hasil analisa dan evaluasi Operasi Ketupat Tahun 2020 dapat terus ditingkatkan dan menjadi motivasi bagi seluruh Jajaran Polri untuk lebih mempersiapkan diri serta memberikan dedikasi dan pengabdian terbaik dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Tahun 2021 ini.
Rabu, 5 Mei 2021.

About REDAKSI

Check Also

Tim Inafis Polres Sigi Olah TKP Penemuan Mayat di Maranatha

SHARE :    SIGI, Sigipos.com– Tim Inafis Polres Sigi melakukan olah TKP penemuan mayat pria berinisial SI …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *