Sabtu , 25 September 2021

Desa Sambiut Serahkan BLT Tahap Pertama Tahun 2021

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

Banggai, sigipos.com,- Pemerintah Desa Sambiut Kecamatan Totikum, Kabupaten Banggai Kepulauan Bangkep, melaksanakan kegiatan penyerahan Bantun Langsung Tunai (BLT) Tahap satu.

BLT tersebut peruntukan bulan januari 2021, senilai 300.000 kepada Masyarakat Penerima Manfaat Desa Sambiut sebanyak 24 Kepala Keluarga secara dor to dor yang dipimpin langsung oleh Camat Totikum H. Irwan Mawang, SH

Turut hadir pada penyerahan BLT tersebut, adalah, Serma J. Ferry, Babinsa/Danpos Totikum Koramil 1308-10/Slkn, Masriah Laadila Kades Sambiut. Rika S Tadjo selaku Pendamping Desa Kecamatan. Natalia Pendamping Lokal Desa, dan, Perangkat Desa Sambiut.

Camat Totikum H. Irwan Mayang, SH., menyamaikan bahwa, Penyerahan BLT untuk wilayah Kecamatan baru ada 2 Desa yang berkoordinasi dengan pihak Kecamatan terkait penyerahan BLT tahap I tahun 2021.

” kami selaku Camat ikut turun langsung melaksanakan penyerahan BLT di dua Desa tersebut. Dan sudah selesai menyalurkan BLT peruntukan bulan januari 2021 ad dua Desa yakni Desa Sambiut dan Desa Tone, dan kedua desa inilah yang pertama menyalurkan BLT Tahun 2021,”ungkapnya.

Kata Camat, Untuk beberapa desa yang lainnya belum ada laporan ke pihak Kecamatan Namun kami yakin dalam waktu dekat ini, Desa yang lainnya akan melakukan penyerahan BLT.

” Dengan diterimanya BLT ini, kami mengharapkan kepada masyarakat atau kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), agar bantuan ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik sesuai kebutuhan masing-masing dan tidak disalah gunakan ke hal-hal yang tidak bermanfaat. BLT ini harus digunakan untuk kebutuhan rumah tangga khususnya untuk kebutukan di dapur,”jelasnya.

Selanjutnya Dengan adanya BLT ini, kami selaku pemerintah di Kecamatan, sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah memberikan beantuan bagi masyarakat yang tidak mampu guna menunjang ekonomi masyarakat.

Dengan adanya Perbup No. 23 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan terkait penyebaran Virus Corona (Covid-19) diharapkan juga kepada masyarakat untuk selalu mematuhi Prokes, jangan sampai kita terlena dengan Covid-19 ini, karena kita ketahui bersama, masih banyak masyarakat di Kecamatan wilayah Kab. Bangkep ini khususnya di Kec. Totikum yang seakan-akan sudah tidak menghiraukan lagi, yang katanya sudah tidak ada lagi Virus Corona, namun sesungguhnya masih ada dan semakin bertambah yang terpapar Virus Corona, seperti yang kita ketahui bersama yang belum lama ini telah terjadi kematian yang besar di Negara India yang dalam setiap hari telah memakan korban sekitar 3000 (tiga ribu) orang.

Olehnya itu kita tidak boleh terus terlena, bahwa Virus Corona itu sudah tidak ada lagi, dengan adanya program pemerintah terkait PPKM skala Mikro ini, kepada Tim Satgas Aman Covid-19 tiap-tiap Desa di Kec. Totikum harus benar-benar menjalankan tugas dan fungsinya, Tim Satgas harus peduli dan melakukan tindakkan yang tegas bagia siapapun, guna mencegah masyarakat atau orang lain yang datang dari luar, atau ada warga Desa Sambiut dan Desa Tone yang ke luar daerah dan kembali lagi ke desa asalnya. Inilah salah satunya yang harus kita jaga jangan sampai orang yang datang dari luar daerah ini yang membawa Virus Corona.

Kades Sambiut Masriah Laadila, menyatakan pula, Untuk penyerahan BLT ini merupakan penyerahan tahap ke I (pertama) peruntukan bulan januari 2021 sebesar Rp 300.000, yang telah kami serahkan kepada 24 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Sambiut Kec. Totikum, yang kami serahkan langsung kerumah KPM dengan secara door to door.

” penyaluran BLT ini memang ada keterlambatan, dimana seharusnya Pemerintah Pusat melalui Kemenkeu telah mentransferkan Dana Desa pada bulan awal tahun atau pada bulan januari, namun ditahun 2021 ini Dana Desa tersebut baru bisa di transferkan oleh Kemenkeu pada tanggal 9 Mei 2021 ke rekening Desa, sehingganya kami dari Pemdes Desa Sambiut baru bisa mencairkan Dana Desa pada tanggal 10 Mei 2021 dan selanjutnya pada hari ini Pemdes Sambiut bersama Pemcam Totikum menyalurkan BLT kepada KPM Desa Sambiut,”ucap Kades.

” Untuk penyaluran BLT peruntukan bulan februari 2021 ini, rencananya akan di serahkan usai merayakan hari raya idul fitri 1441 H/2021 M. Untuk BLT bulan maret, akan kami salurkan dengan secara bertahap sesuai dengan waktu bulan berjalan, dan kami harapkan kepada keluarga penerima manfaat, agar memanfaatkan bantuan sosial dari pemerintah ini dengan sebaik-baiknya, jangan disalah gunakan bantuan pemerintah,”harapnya. (Muh Basri)

About REDAKSI

Check Also

Pemkab Banggai Menerima Bantuan Penanganan Covid-19 Dari PT. Petro Jasa Energi

SHARE :    Banggai, Sigipos.com,- Bupati Banggai H. Amirudin bersama Wakil Bupati Banggai H. Furqanudin menerima secara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *