Rabu , 23 Juni 2021

Kantor BPTP BALITBANGTAN Dimaku Diresmikan

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

SIGI, Sigipos.com, – Bupati Sigi Mohamad Irwan, menghadiri Peresmian Gedung Kantor BPTP BALITBANGTAN Sulawesi Tengah di Desa Maku Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi, Senin (7/6/2021).

Hadir pula Kepala Badan LITBANG Pertanian Dr. Ir. Fadjry Djufry M.Si, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura BALITBANGTAN Dr. Ir, Muhamad Taufik Ratule, M.Si, Kepala Balai Besar Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian Dr. Ir. Fery Fahrudin Munir, M.Sc. Kepala BPTP Sulawesi Tengah Dr. Ir. Nurdiah Husnah, M.Si, Kapolres Sigi AKBP. Yoga Priyahutama, SH.,S.I.K.,M.H. Kabag Administrasi Pemerintahan Umum Febrianto, S.STP., M.Si, Perwakilan dari Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Tengah, Ketua KPU Sigi.

Bupati Sigi mengatakan bahwa ketika berbicara Agribisnis berarti masuk ke ruang-ruang pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, usaha mikro kecil menengah, dengan harapan harus punya daya saing kedepan karena dengan perpindahan Ibukota Negara ke Kalimantan (rencananya) berarti kita harus memiliki kualitas pangan.

Kata Bupati, Ada beberapa hal yang terkait dengan agribisnis ini kami membuat kewilayahan komuditas khusus untuk wilayah perkebunan dan beberapa penguatan dalam agribisnis.

Bupati berharap di kawasan Sigi ini ada beberapa Industri Kecil Menengah (IKM) terkhusus kopi. Sehingga diharapkan BPTP bisa membantu dan tentunya program-program pemberian bibit gratis di Pemda Sigi tetap ada serta di 2024/2025 Sigi sudah bisa menjadi penghasil durian musangking, klengkeng, alpukat aligator, dan manggis bali begitu juga untuk tanaman horti khususnya bawang.

“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini bisa mengurangi beban APBD untuk mendorong penguatan ini”, harapnya lagi diakhir sambutan.

Sementara itu, Kepala BALITBANG Pertanian dalam sambutannya mengatakan bahwa BPTP BALITBANGTAN siap membackup, mensuport serta membantu semua program, tugas dan tanggung jawab Pemerintah Daerah.

” diharapkan kepada Kepala BPTP agar segera merealisasikan apa yang menjadi harapan Bupati Sigi. Ia juga mengatakan bahwa sejak Pandemi Covid-19 satu-satunya sektor bertumbuh adalah sektor pertanian dan itulah yang menjadi penyanggah perekonomian,”tuturnya.

Sumber : Humas Pemkab Sigi

About REDAKSI

Check Also

7 Fraksi DPRD Sigi Setujui Dua Buah Raperda

SHARE :    SIGI, sigipos.com,- DPRD Sigi kembali gelar rapat paripurna. Kali ini agenda pandangan umum fraksi-fraksi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *