Jumat , 22 Oktober 2021

Bupati Sigi Kunker Dan Silaturahmi Ke Bupati Banggai

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

BANGGAI, Sigipos.com-, Bupati Sigi Mohamad Irwan memenuhi undangan Bupati Banggai Amiruddin Tamoreka untuk bersilaturahmi dan saling bertukar pikiran tentang program kerja dari kedua kabupaten. Pertemuan dilaksanakan di Kantor Bupati Banggai berlangsung Rabu (16/6) 2021.

Bupati Sigi diterima oleh Bupati dan Wakil Bupati Banggai Amiruddin Tamoreka – Furqanuddin. Bupati Banggai Amiruddin mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Sigi.

” kunjungan ini adalah salah satu bentuk etika ketika berkunjung ke suatu daerah maka wajib untuk mengetuk pintu dan melapor kepada tuan rumah,”u cap Bupati Sigi.

Pada kunjungan ini, Bupati Sigi didampingi oleh Kabag Humas Ariyanto dan Sekertaris Satpol PP Muhammad Ambar, sedangkan Bupati Banggai didampingi oleh Wakil Bupati, Kajari Kab. Banggai, Asisten I Setda Kab. Banggai dan staf khusus Bupati Banggai.

Usai melakukan kunjungan silaturahmi di Kantor Bupati Banggai, Bupati Sigi Mohamad Irwan, menjadi keynote speak pada acara seminar Reforma Agraria dengan tema “Implementasi Program Reforma Agraria di Sulawesi Tengah” yang dilaksanakan di Hotel Santika Kabupaten Banggai.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Banggai Amirudin Tamoreka. Selain Bupati Sigi sebagai keynote speak, acara itu juga menghadirkan Ir. H. Yus Sudarso (Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Banggai), Dr. Ismanto Bidja, S.H., M.H (Akademisi Untika), Burhanuddin Ladjin, SE., MM (Akademisi STIE), Eva Bande (aktivis agraria), Noval A. Saputra (KPA Sulteng), dan Moh. Taufik (JATAM Sulteng).

Dalam sambutannya, Bupati Banggai memandang kegiatan ini sebagai wujud nyata kepedulian seluruh pihak yang terkait dalam acara ini untuk bekerjasama dalam membangun daerah.

Bupati menyambut positif atas prakarsa dan peran aktif para pelaksana kegiatan. Ia menambahkan bahwa persoalan agraria di Banggai sangat kompleks, terutama mengenai masalah sertifikat. Terkait itu pihak Pemda akan melakukan resertifikasi dan bukan relokasi.

Pada pertemuan reforma agraria tersebut Bupati Sigi paparkan pengalaman pada awal-awal masa pemerintahannya bersama tim dalam menyusun konsep Reforma Agraria di Kabupaten Sigi berdasarkan konflik-konflik agraria yang dialami oleh masyarakat.

” Begitu kompleknya permasalahan dan seringnya benturan kepentingan, terutama antara kepentingan masyarakat dan kepentingan Balai Taman Nasional. Tetapi setiap persoalan dapat diselesaikan dengan cara-cara yang elegan,”paparanya

” konflik-konflik agraria dapat diselesaikan dengan dialog yang baik antara pihak yang terkait sehingga dapat menghasilkan win-win solution,”tutupnya.

Humas pemkab sigi

About REDAKSI

Check Also

Dua Buah Ranperda Disetujui 7 Fraksi DPRD Sigi

SHARE :    SIGI, Sigipos.com,– Dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diusulkan oleh Badan Pembentukan Peraturan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *