Jumat , 22 Oktober 2021

Bupati Sigi Resmi Melaunching Desa Binangga sebagai Desa Cantik

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

SIGI, Sigipos.com, – Bupati Sigi Mohamad Irwan, S.Sos., M.Si resmi melaunching Desa Binangga sebagai Desa Cantik (Desa Cinta Statistik) di Kantor Desa Binangga,Kecamatan Marawola, Selasa (29/6/2021).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Membangun Data Memberdayakan Sumber Daya”. Yang dihadiri oleh Kepala BPS Provinsi Sulawesi Tengah Drs.Dumangar Hutahuruk, M.Si, Kepala BPS Kabupaten sigi Ir. Arfandi, M.Si, Camat Marawola, Kapolsek Marawola,Kepala Desa Binangga beserta aparatnya.

Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) adalah program percepatan dari Badan Pusat Statistik dalam lingkup desa, kelurahan dan yang setingkat untuk meningkatkan kompetensi aparat desa dalam mengelola dan memanfaatkan data desa sehingga perencanaan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran.

Tujuannya agar perangkat desa lebih faham statistik dan program ini juga bertujuan melahirkan komunitas cinta statistik di desa sehingga desa dapat bertransformasi menjadi subyek pembangunan.

Kepala BPS Provinsi Sulawesi Tengah dalam sambutannya mengatakan bahwa Desa Cinta Statistik merupakan suatu terobosan besar yang dibuat oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Menurutnya Saat ini pembangunan Indonesia sudah dimulai dari desa, untuk itulah BPS mencoba memulai dari desa dengan salah satu Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik).

Program ini dilaksanakan diseluruh Indonesia tetapi dengan keterbatasan anggaran BPS mencoba untuk 100 Desa dan salah satunya berada di Kabupaten Sigi yaitu di Desa Binangga Kecamatan Marawola.

” diharapkan kepada para aparat desa bisa belajar dan faham tentang statistik dan berharap Desa Binangga mampu menjadi contoh bagi desa yang lain sehingga desa-desa lain tersebut bisa tertular menjadi Desa Cantik,”harapnya.

Sementara itu Bupati Sigi Mohamad Irwan mengatakan bahwa inovasi ini perlu didorong karena memang ada format-format yang diatur oleh BPS mulai dari luas wilayah, ruang ekonomi, kondisi infrastruktur sarana prasarana dan semua data lainnya.

” Data ini dibutuhkan juga sebagai data demografi di kabupaten, termasuk data masyarakat miskin,data pemilu dan sebagainya (tinggal dipadukan), semua bergerak dari desa,”katanya.

Bupati berterima kasih kepada BPS, Camat Marawola, Kades Binangga, dan semua tim yang sudah melakukan inovasi ini yang digabung dengan konsep Desa Cantik serta

” saya berharap kepada Kepala Desa agar selalu mengupdate data setiap saat,” tuturnya. (Lin)

About REDAKSI

Check Also

Dua Buah Ranperda Disetujui 7 Fraksi DPRD Sigi

SHARE :    SIGI, Sigipos.com,– Dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diusulkan oleh Badan Pembentukan Peraturan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *