Jumat , 22 Oktober 2021

Peringatan HUT Banggai Ke-61 Secara Vitual

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

BANGGAI,- Bupati Banggai H. Amirudin bersama Wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin M, Menghadiri Upacara Secara Virtual peringatan Hut Ke-61 Kabupaten Banggai berlangsung di Gedung Graha Pemda Banggai, Kamis (8/7/2021).

kegiatan tersebut turut dihadiri
Wakil Bupati Banggai Laut, Pimpinan Forkopimda Banggai Ketua DPRD Kab. Banggai, Dandim 1308 LB, Kapolres Banggai, Kajari Banggai, Danpos AL Luwuk, Pengadilan Negeri Luwuk, Pengadilan Agama Luwuk, Asisten Ii Banggai Kepulauan, Wakil Bupati Banggai Periode 2016-2021 (Mustar Labolo), Para Asisten Setda Banggai, Para Staf Ahli Bupati, Para Staf Khusus Bupati, Para Pimpinan OPD, Camat Dalam kota luwuk, Ketua TP-PKK Kab. Banggai, Ketua MUI Kab. Banggai, Para Pimpinan BUMN/BUMD, Para Pimpinan Partai Politik, Ormas, Organisasi Pemuda, Para Tokoh dan Ahli Waris Pendiri Kabupaten Baggai. Adapun Camat , Lurah Kepala desa Dan perangkatnya Serta Undangan Lainnya Mengikuti Acara Secara Virtual melalui zoom meeting.

Bupati Banggai H. Amirudin bertindak selaku pembina upacara hut ke-61 kabupaten banggai Dengan Menggunakan Baju Adat Saluan, Sementara Wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin M Sebagai Cadangan Pembina Upacara, dengan memakai Baju adat Suku Balantak, Perwira Upacara Pupung Diliyanto, SSTP Kabag Organisasi Setda Banggai, Dengan Menggunakan pakaian adat Reok Ponorogo Jawa timur, Komandan Upacara Wismoyo Poma Lurah Kaleke, Dengan menggunakan Pakaian Adat Banggai. Pembaca Sejarah singkat Kab. Banggai Ferlin Monggesang kepala Dinas Peternakan dengan Menggunakan Baju Adat saluan.

Peringatan Hut ke 61 Kab. Banggai dilakukan Secara Terbatas dan Virtual Dengan Menerapkan Protokoler Kesehatan Secara ketat,
Kegiatan di awali dengan Tari tarian Khas Banggai, dilanjutkan dengan Pembacaan Sejarah singkat Banggai, Dan Pelaksanaan Upacara secara Khidmat, Sebagai Bentuk Peringatan HUT Kab. Banggai, Kemudian acara di akhiri dengan Pemotongan Tumpeng Oleh Bupati Banggai Yang di serahkan kepada Tomundo Banggai, Dan Bosanyo Serta Forkopimda dan tokoh Tokoh Adat lainnya.

Perayaan HUT Kali ini mengangkat tema bersama membangun dalam keberagaman, dengan peringatan hari jadi ke-61 kabupaten banggai kita wujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera berbasis kearifan lokal serta kita bangun semangat bersama melawan covid-19

Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Dalam sambutannya mengatakan bahawa, agar Sumber Daya Alam yang melimpah, Negeri yang memiliki keanekaragaman budaya, suku dan bangsa, Negeri dimana masyarakatnya hidup secara harmonis dan penuh rasa toleransi yang tinggi, Negeri yang memberi keleluasan bagi masyarakatnya untuk berkarya dan mengabdi, dengan penuh dedikasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan daerah, Negeri yang berbudaya melayu.

sesuai dengan Tema Hari Ulang Tahun Kabupaten Banggai Ke-61 Tahun 2021 Yaitu bersama membangun dalam keberagaman dan sub tema dengan peringatan hari jadi ke-61 kabupaten banggai kita wujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera berbasis kearifan lokal serta kita bangun semangat bersama melawan covid-19.

Menurutnya berdirilah Kabupaten Banggai berdasarkan UU No. 29 Tahun 1959 Tanggal 04 Juli 1959 Tentang Pembentukan Daerah-Daerah Tingkat II di Sulawesi yang pada Tanggal 08 Juli 1960 di tetapkan sebagai Tanggal lahirnya Kabupaten Banggai yang kita Peringati setiap Tahunnya.

” Kabupaten Banggai telah genap berusia 61 Tahun dan Sebagai daerah yang menjadi bagian dari sejarah awal berdirinya Provinsi Sulawesi Tengah, memiliki peran dan sumbangsih yang sangat strategis bagi kemajuan Provinsi Sulawesi Tengah, terutama bagi perkembangan wilayah timur dari provinsi ini,” Ucap Bupati.

Kata Bupati, Visi pembangunan lima tahunan Pemerintah Kabupaten Banggai adalah Terwujudnya Banggai Maju, Mandiri dan Sejahtera Berbasis Kearifan Lokal. Visi ini di maksudkan untuk mengemban amanah masyarakat Kabupaten Banggai dalam mewujudkan banggai yang maju, sejahtera dan mandiri.

” Permasalahan Kabupaten Banggai saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami, kualitas sumber daya manusia, kemiskinan dan pengangguran, keterbatasan infrastruktur dan kesejangan wilayah, pengelolaan sumber daya alam dan keunggulan lokal daerah, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi serta tranformasi digital, penataan ruang, lingkungan hidup dan penanggulangan bencana daerah, tata kelola pemerintah dan kualitas pelayanan publik serta penanganan dampak Covid-19,”jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan Bupati, hal-hal inilah yang menjadi isu utama kami kedepan. Olehnya itu sebagai pemimpin yang bertanggung jawab terhadap jalannya pelaksanaan setiap urusan pemerintahan di daerah sudah sepatutnya mulai saat ini kesejahteraan dan kemakmuran masyarakatlah yang menjadi prioritas utama kami.

” memaknai perjalanan sejarah tentu dengan membuka kembali lembaran awal ketika sebuah Pemerintahan dan pembangunan di laksanakan, Pemerintahan dan pembangunan telah kita pahami ibarat dua mata Uang sisi dari satu mata uang yang sama artinya bahwa tujuan utama dari sebuah Pemerintahan adalah menyelenggarakan pembangunan, begitu juga pembangunan tidak pernah bisa dilaksanakan tanpa adanya sebuah Pemerintahan yang kuat,” Sambung Bupati.

” saya menghimbau kepada seluruh Aparatur Pemerintah Kabupaten Banggai dan komponen masyarakat untuk bersama-sama saling bahu-membahu membangun Kabupaten Banggai dengan merapatkan barisan dan membangun persatuan yang kuat dalam jalinan tali persaudaraan dan rasa solidaritas yang tinggi dan juga dalam situasi pandemi covid-19 ini, mari kita tetap waspada dan mawas diri untuk tetap mentaati protokol kesehatan karena keselamatan manusia di atas segalanya, sehingga akan menciptakan suasana aman dan tentram guna kelancaran, kelangsungan pelaksanaan pembangunan di daerah yang kita cintai ini,”tutup Bupati. (Muh Basri)

(Sub Bag. Dokumentasi dan Publikasi Pimpinan Bag. Prokopim Setda Banggai/M. Ales)

About REDAKSI

Check Also

Wabup Banggai Paparkan Materi Peran Pemda untuk kemajuan Universitas Tompotika Luwuk

SHARE :    Banggai, sigipos.com,- Wakil Bupati Banggai, Drs.H. Furqanuddin.M paparkan materi Peran pemerintah Daerah Dalam Pembangunan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *