Jumat , 22 Oktober 2021

Wabub Poso Terkonfirmasi Positif Covid

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

POSO, Sigipos.com- Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, M.Yasin Mangun bersama Sekretaris Pribadi (Sekpri)-nya, menurut hasil tes swab antigen yang dilakukan Minggu (11/07/21) malam, reaktif atau positif covid -19. Hal tersebut dibenarkan oleh Bupati Verna G. M Inkiriwang, senin (12/07/21).

Mengantisipasi berkembangnya warga yang terkonfirmasi positif, Bupati Poso, Verna G. M Inkiriwang langsung mengeluarkan perintah kepada ASN Poso yang melakukan kontak langsung dengan Wabub tiga hari terakhir, agar segera memeriksakan diri di Puskesmas.

“Iya benar, saya minta semua ASN yang kontak dengan beliau untuk segera periksa dan tes kesehatan di Puskesmas terdekat. Juga pelaksanaan apel ditiadakan,” ujar Bupati.

Bupati Verna juga mengakui, jika pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk menekan jumlah warga Poso yang terkonfirmasi covid, dengan melakukan operasi yustisi di pasar, RTH dan lokasi tempat kumpulan massa.

“Satu bulan terakhir saya perbanyak tracing dan perluas, sehingga banyak sekali kita dapat yang positif di sekitar pasien yang positif. Harapan saya supaya mereka bisa kita lokalisir walaupun tidak bergejala, untuk melakukan isolasi mandiri dan bisa dalam pengawasan satgas covid desa maupun Puskesmas,” sebut Bupati.

Bupati Poso itu juga menyebutkan pembatasan ketat sudah dilakukan, termasuk untuk sementara tidak dilakukan aktifitas ibadah, belum ada acara perayaan, pernikahan dan pengucapan sukur (padungku).

“Intinya saat ini kami telah ketat lakukan pengawasan aktifitas warga yang efeknya akan melakukan kerumunan orang, termasuk kegiatan ibadah dikurangi, sesuai prokes covid, ” tandas Bupati.

Sementara Kepala Bagian Humas Pemda Poso, Wayan S mengakui, jika Wabub Poso memang benar, sesuai hasil tes positif. Termasuk dirinya yang tiga hari terakhir melakukan kontak langsung berhubungan dengan Wabup karena tugas, dan kini sedang melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Iya benar, pak Wabub hasil swab tes antigen reaktif. Saya juga saat ini sedang isolasi mandiri di rumah, sebab melakukan kontak beberapa hari sebelumnya, ASN yang lakukan kontak dengan Wabub sesuai instruksi Bupati Poso untuk sementara isolasi mandiri di rumah dan tes ke Puskemas,” kata Wayan, terus terang.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Poso saat ditanya informasi Wabub Poso terkonfirmasi positif covid, juga membenarkan hal itu.

“Benar,” jawab dr. Taufan Karwur melalui sambungan WatsApp pada hari Senin (12/07/21) siang.

Dari data survailens covid di Dinas Kesehatan Poso, jumlah warga Poso terkonfirmasi positif covid tembus mencapai 225 orang, termasuk Wabub Poso. Dan yang meninggal karena covid sampai dengan saat ini bertambah satu, hingga menjadi 68 orang. (dy/pp)

About REDAKSI

Check Also

Walikota Palu Bersama Bupati Sigi Tandatangani MoU

SHARE :    PALU, Sigipos.com- Walikota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *