Senin , 20 September 2021

Wabup Sigi Hadiri Meeting Refleksi Dan Konsultasi Pemulihan Petani Secara Virtual

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

SIGI, Sigipos.comel,- Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi didampingi Kadis Ketahanan Pangan Rahmad Iqbal Nurchalish dan Kadis Pariwisata Diah Agustiningsih mengikuti zoom meeting refleksi dan konsultasi pemulihan petani terdampak gempa bumi bersama ADRA dan Canadian Foodgrains Bank, bertempat di ruang rapat bupati sigi.

Salil Bhatarai, PhD ADRA/CFGB Canada mengatakan bahwa projek ini merupakan projek yang didanai oleh Canadian Foodgrains Bank dan itu menjadi salah satu donor dari ADRA Indonesia.

Ia berharap, dengan adanya bantuan dari ADRA Indonesia di Kabupaten Sigi bisa membantu pemulihan ekonomi dari masyarakat yang terdampak oleh bencana tahun kemarin.

” 2 Tahun itu adalah waktu yang sangat singkat tetapi Ia berharap dalam waktu itu mudah-mudahan ada yang bisa dicapai yang bisa memberikan dampak positif, dan kedepannya setelah fase pertama ini akan direncanakan fase kedua sehingga hasil dari fase pertama tersebut akan menjadi assesmen atau salah satu penilaian pada fase kedua,”ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sigi sangat mengapresiasi kehadiran ADRA dan berterima kasih atas partisipasinya selama masa pemulihan pasca bencana di Kabupaten Sigi yang telah membantu masyarakat di Sigi.

Kata Wabup secara keseluruhan Sigi memang ditunjang dengan potensi pertanian dimana didalamnya ada sub sektor peternakan, perkebunan, perikanan. Jadi, PDRB Kabupaten Sigi disumbang dari sektor pertanian berdasarkan data 2020 adalah 47,80 persen untuk penyediaan lapangan kerja.

Menuruynya Kabupaten Sigi memiliki potensi sumber daya pertanian yang mempunyai peluang yang dapat dikembangkan karena Sigi mempunyai letak geografis yang sangat strategis. Usaha pertanian yang bisa dikembangkan adalah sawah,jagung,dan beberapa hal yang sudah dibantu oleh ADRA termasuk hortikultura.

” Dari sisi ketahanan pangan, maka kebijakan ketahanan pangan di Kabupaten Sigi difokuskan pada ketersediaan pangan yang beraneka ragam berbasis potensi sumber daya lokal, memantapkan penanganan kerawanan pangan untuk mengurangi jumlah penduduk yang miskin dan kelaparan,”Jelas Wabup.

Untuk pembangunan ketahanan pangan Kabupaten Sigi berbasis mitigasi bencana sehingga perencanaan pembangunan di Kabupaten Sigi sangat memperhatikan resiko dan penanggulangan bencana itu terkait dengan akses dan pemanfaatan pangan masyarakat.

Untuk mengembangkan komoditas pertanian berdaya saing basisnya agribisnis (Visi besar Pemda saat ini) maka pembangunan pertanian ketahanan pangan harus mampu mendorong dan membangkitkan komoditas pertanian yang memiliki nilai tambah dan daya saing dari hulu sampai hilir.

Lebih lanjut dijelaskanya, Dalam periode ini juga pemda akan melanjutkan pemberian beberapa program yang diharapkan membantu masyarakat yang pendapatannya rendah dan Pemda juga mempunyai program kesehatan gratis melalui program kartu masagena, pemberian insentif guru, termasuk didalamnya pengembangan ekonomi kerakyatan yang berbasis agribisnis, pengembangan destinasi pariwisata, pengembangan pusat UMKM disetiap kecamatan, serta akan terus memberikan pemberian bantuan bibit berkualitas.

” dan ada juga program-program lintas sektor yang akan dilakukan di Kabupaten Sigi dan berharap dengan pembangunan-pembangunan yang berbasis agribisnis itu dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,”tutupnya.

About REDAKSI

Check Also

Tujuh Fraksi DPRD Sigi Setujui Ranperda APBD Perubahan 2021

SHARE :    SIGI,Sigipos.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sigi gelar rapat paripurna ke-tiga masa persidangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *