Senin , 20 September 2021

Kemenkes RI Lakukan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Pada ASN Di Banggai

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

BANGGAI, Sigipos.com- Bupati Banggai H. Amirudin dan Wakil Bupati Banggai Drs. H. Furqanuddin M, menghadiri Penerimaan Studi lapangan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I Tahun 2021 oleh Kementrian Kesehatan RI Badan Pengembangan Dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Jakarta secara Virtual, Selasa (31/8/2021).

Hal ini merupakan Upaya dalam mengembangkan kompetensi sumber daya manusia khususnya bagi ASN melalui pelatihan dan pengembangan terus ditingkatkan oleh BBPK Jakarta meski berada dalam keterbatasan masa pandemi COVID-19.

Upaya untuk mencetak pemimpin-pemimpin perubahan yang mampu mendorong terciptanya inovasi mendorong dilaksanakannya studi lapangan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I oleh *Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Jakarta melalui metode daring.

Studi Lapangan ini dilaksanakan selama 3 hari, yang dimulai pada tanggal 31 Agustus sampai dengan 2 September 2021 dengan Jumlah Peserta 39 Orang.

Dalam aktualisasi kepemimpinan, peserta dibekali dengan kemampuan menerapkan kapasitas kepemimpinan berkinerja tinggi dalam manajemen pelaksanaan kegiatan pembangunan melalui pengalaman best practices dan aplikasinya dalam Aksi Perubahan Peningkatan Kinerja Organisasi.

Salah satu kegiatannya adalah studi lapangan yang bertujuan membekali peserta mendapatkan lesson learnt, mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan strategi dan manajemen kinerja organisasi pelayanan publik.

Lokus yang dipilih untuk Studi Lapangan adalah berdasarkan prestasi atau penghargaan yang diterima, dan kemampuan menghasilkan terobosan besar atau prioritas nasional yang diperoleh dari info media sosial. berdasarkan informasi tersebut, Kabupaten Banggai terpilih sebagai Lokus karena Pemerintah Kabupaten Banggai telah meraih penghargaan pembangunan Daerah terbaik ke-dua tahun 2021 tingkat Nasional atas sejumlah program dan inovasi daerah dalam perencanaan pembangunan dan kesejahtraan Masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala BBPK Jakarta, Laode Musafin, SKM., M. Kes, ini bertujuan untuk mengantarkan peserta agar dapat mengenal, memahami dan memperoleh insight inovasi dari Pemerintah Daerah yang terbukti dapat mengembangkan inovasi di Daerahnya. Dalam kesempatan ini, daerah yang menjadi lokus studi lapangan adalah Kabupaten Banggai.

Tiga Perangkat Daerah di Kabupaten Banggai yang menjadi Lokus Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Aministrator yaitu, BAPPEDA dan LITBANG, Dinas Kesehatan, Puskesmas Kampung Baru Kecamatan Luwuk.

Yang mana masing-masing kepala OPD menjadi Narasumber Lokus Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang membawakan materi tentang Inovasi Pemerintah Kabupaten Banggai yang telah memperoleh penghargaan tingkat nasional.

Kepala BBPK Jakarta, Laode Musafin, SKM., M. Kes mengatakan bahwa Kabupaten Banggai terpilih sebagai lokus benchmarking agar peserta PKA dapat mempelajari model inovasi yang dilakukan Pemda Banggai yang selama ini telah sukses meraih berbagai penghargaan dalam kategori Inovasi Nasional.

Tak hanya itu kata Laode, Pemkab Banggai dipilih karena melihat bagaimana proses inovasi mampu ditumbuhkembangkan di daerah tersebut. Kata dia, Pimpinan Lembaga Administrasi Negara (LAN) sendiri telah beberapa kali melakukan kunjungan untuk melihat secara langsung proses yang dilaksanakan Kabupaten Banggai dalam meningkatkan daya saing daerah. LAN pada saat itu memberikan penghargaan Inagara Award kepada Kabupaten Banggai yang merupakan sebuah penghargaan tertinggi kepada Pemerintah Daerah dengan penyelenggaraan inovasi terbaik.

Pada Kegiatan tersebut Bupati Banggai H. Amirudin dan Wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin beserta jajaran pimpinan SKPD yang menjadi fokus studi lapangan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan.

“atas nama masyarakat dan pemerintah Kab. Banggai, saya mengucapkan terima kasih atas penetapan Kab. Banggai sebagai lokus studi lapangan peserta pelatihan kepemimpinan administrator Balai Besar Pelatihan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI”ucapnya.

Kata Bupati kurang lebih 2 bulan menjalankan roda pemerintahan, olehnya itu kualitas sumber daya manusia, kemiskinan dan pengangguran, keterbatasan infrastruktur dan kesenjangan wilayah, pengelolaan sumber daya alam dan keunggulan lokal daerah, pemanfaatan tekhnologi informasi dan komunikasi serta transformasi digital, penataan ruang, lingkungan hidup dan penanggulangan bencana daerah, tata kelola pemerintahan dan kualitas pelayanan publik serta penanganan dampak covid 19.

” hal inilah yang menjadi isu utama tugas kami kedepan, yang telah kami tuangkan dalam RPJMD” Tambah Bupati.

“Kemajuan kemajuan, prestasi dan Inovasi Kabupaten Banggai yang telah dicapai akan terus kami tingkatkan melalui konsep pembangunan yang Pro Rakyat, yang telah kami cantumkan pada rencana pembangunan Kabupaten Banggai, dengan mempertimbangakan dan memperhatikan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, maka tantangan yang di hadapi serta isu isu strategis baik skala lokal regional nasional maupun isu global, maka dirumuskan Visi Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kab. Banggai Tahun 2021-2026 Yaitu, Terwujudnya Banggai Maju, Mandiri, Dan Sejahtera Berbasis Kearifan Lokal,”jelas Bupati.

Turut hadir Sekretaris Kabupaten Banggai Ir. Abdullah, M.Si, Asisten Adm. Umum Setda Kab. Banggai, Kepala Bappeda & Litbang, Kepala BKPSDM, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas KOMINFO Kabupaten Banggai, Kepala Puskesmas Kampung Baru, Sekdis BKPSDM bersama staf, Kabag Prokopim bersama Staf. (Muh Basri)

(Sub. Bagian Dokumentasi Pimpinan, Bag. Prokopim SETDA Banggai/Mu’)

About REDAKSI

Check Also

Bupati Dan Wabup Banggai Lakukan Kunker Di Kecamatan : Ini Yang Disampaikan

SHARE :    Banggai, Sigipos.com,- Bupati Banggai H. Amirudin dan Wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin melakukan kunjungan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *