Senin , 20 September 2021

Bupati Sigi Hadiri Rakor Reforma Agraria

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

PALU, Sigipos.comel- , Bupati Sigi, Mohamad Irwan, menghadiri Rapat Koordinasi Penyelenggaran Reforma Agraria Kabupaten Sigi berlangsung di Hotel Jazz, Kota Palu Kamis (2/9/2021).

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu, Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah Palu, Kepala BPN Kab. Sigi, Kepala BKSDA Prov. Sulteng, Asisten I Bidang Pemerintahan Umum, Kepapala Bidang Kantor wilayah BPN Sulawesi Tengah, Para Pimpinan Kantor dan Lembaga Vertikal, Para Kepala OPD Kab. Sigi, Para Camat dan Kepala Desa.

Bupati Sigi Mohamad Irwan menyampaikan bahwa reforma agraria merupakan pintu masuk strategis yang membuktikan keseriusan Pemerintah dalam mengurus kepentingan rakyat untuk memperoleh hak paling dasar, yaitu akses terhadap sumber penghidupan seperti tanah dan sumber agraria yang meliputinya.

Menurutnya Reforma agraria yang telah begitu panjang di perjuangkan oleh Rakyat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi untuk pelepasan hak-hak mereka dari klaim kawasan hutan maupun lahan dari berbagai pihak.

” Hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan ialah bahwa dengan letak geografis, topografi dan keunikan yang dimiliki rakyat Kabupaten Sigi berpadu membentuk identitas dan karakter sosial budaya masyarakat Kab. Sigi,”ungkap Bupati.

Lebih lanjut dijelaskan Bupati, Termasuk yang sangat dirasakan oleh dunia ialah persediaan oksigen dibumi dengan sumber daya alam lestarinya.

” Namun sayang rakyat Sigi masih hidup dalam ketidakpastian hak kelola dan harus menjalani kemiskinan. Oleh karena itu, reforma agraria merupakan jalan keluar dari kebuntuan yang dihadapi rakyat Sigi untuk keluar dari garis kemiskinan,”jelasnya.

Untuk itu, Bupati berharap rapat koordinasi ini berjalan di atas gambaran hidup rakyat Sigi, sehingga rekomendasi yang dihasilkan sungguh-sungguh berorientasi pada kesejahteraan rakyat yang berkelanjutan.

Pada rakor tersebut Bupati berharap salah satu rekomendasi yang dihasilkan dari pertemuan ini adalah memperkuat dan menyegerakan usulan tanah objek reforma agraria dan hutan yang telah kami sampaikan kepada kementerian terkait.

” kita terus mengupayakan segala sesuatu yang dapat bernilai ekonomis untuk kesejahteraan masyarakat Sigi dengan tidak mengesampingkan pelestarian alam, seperti pengembangan produk industri kecil menengah yang tengah digenjot Pemerintah Daerah Kab. Sigi, baik itu produk olahan kopi maupun sektor agribisnis lainnya,”tutupnya. (HKS)

About REDAKSI

Check Also

Tujuh Fraksi DPRD Sigi Setujui Ranperda APBD Perubahan 2021

SHARE :    SIGI,Sigipos.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sigi gelar rapat paripurna ke-tiga masa persidangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *