Sabtu , 16 Oktober 2021
SAR Brimob membantu mencari nelayan Poso yang tenggelam. (hmspoldasulteng)

SAR Brimob Bantu Cari Nelayan Poso Yang Tenggelam

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

POSO,Sigipos.com– Pencarian terhadap Moge (42), seorang nelayan yang hilang atau tenggelam di perairan Tumora, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, hingga saat ini masih belum membuahkan hasil yang menggembirakan.

Memasuki hari ketiga pencarian, tim SAR Brimob, tim BASARNAS Poso dan warga secara maksimal telah melakukan upaya pencarian terhadap korban, namun masih juga belum ditemukan.

Danki Kompi I Batalyon B Pelopor, Iptu Dirham H. SH terjun langsung memimpin kegiatan SAR dalam rangka pencarian tersebut.

“Pencarian terhadap korban kami lakukan dengan semaksimal mungkin dengan memperluas area pencarian. Kemungkinan pemantauan secara visual tetap kami lakukan di sekitar lokasi kejadian,” ungkap Iptu Dirham, Jumat (08/10/21).

Sebelumnya pada Rabu (06/10/21) diinformasikan sekira pukul 06.00 wita, dua orang nelayan menombak ikan dan penyu di perairan Tumora dengan menggunakan perahu jenis katinting. Pada saat itu, kedua nelayan tersebut melihat penyu dan langsung menombak bagian tubuh penyu tersebut.

Naas, saat menombak, tali yang terikat pada tombak tersebut melilit kaki nelayan yang bernama Moge, sehingga mengakibatkan tombak nelayan tersebut tertarik penyu hingga kedalam laut. Akibatnya korban sampai saat ini masih belum ditemukan dan masih dalam pencarian oleh tim SAR.

“Kami mengimbau pada nelayan agar tidak melakukan perburuan maupun penangkapan untuk diperjual belikan seperti penyu yang dilindungi karena penyu merupakan hewan yang dilindungi,” ujar Iptu Dirham.

Semua jenis penyu laut di Indonesia telah dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomer 7 tahun 1999, tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

“Ini berarti segala bentuk perdagangan penyu baik dalam keadaan hidup, mati maupun bagian tubuhnya itu dilarang,” tegas Iptu Dirham. (sp/tbn)

About REDAKSI

Check Also

Gubernur Sulteng Kunjungi Korban Banjir Desa Rogo, Kabupaten Sigi

SHARE :    SIGI, Sigipos.com- Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura didampingi Bupati Sigi, Moh. Irwan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *