Sabtu , 16 Oktober 2021
Kasat Reskrim Polres Parimo, AKP. Donatus Kono,mempersiapkan pemeriksaan terhadap lima Wabin Korban Penganiayaan di Lapas Parimo. (Foto : arifbudiman)

Polisi Periksa 5 Warbin Korban “Penganiayaan” di Lapas Parimo

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

PARIMO, Sigipos.com– Kepolisian Resor (Polres) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah mulai melakukan pemeriksaan terhadap lima Warga Binaan (Warbin) yang diduga menjadi korban penganiayaan oknum petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Parigi.

“Kami akan memulai pemeriksaan selesai Jum’at,” ungkap Kasat Reskrim Polres Parimo, AKP. Donatus Kono, saat ditemui di Lapas Parigi, Jum’at (08/10/21).

Menurutnya, pemeriksaan akan dilakukan di dalam Lapas, karena kelima korban penganiayaan masih ditempat yang sama.
Sementara itu Kapolres Parimo, AKBP Andi Batara Purwacaraka mengatakan, proses visum telah dijalani oleh lima korban yang ditangani tenaga medis dari Rumah Sakit Anuntaloko Parigi.

Pemeriksaan terhadap para korban dan saksi saat dugaan penganiayaan dilakukan, untuk memenuhi unsur atas kasus tersebut.

“Tinggal kita lihat pada pemeriksaan korban dan saksi nanti,” terangnya.

Dia mengatakan, Lapas Kelas III Parigi saat ini telah diambil alih kepemimpinannya oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Tengah. Sehingga, kondisi berangsung kondusif dan Warbin telah kembali ke kamar tahanannya masing-masing.

Sebelumnya, Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Tengah, Lilik Sujandi mengatakan, setelah pihaknya melakukan negosiasi, Warbin telah menyampaikan berbagai keluhan untuk menjadi bahan evaluasinya.

Warbin pun telah menyampaikan komitmennya untuk kembali seperti sebelumnya.

“Dalam artian tetap tertib, dan kembali ke kamar. Puing-puing dari keributan itu pun telah dibersihkan,” jelasnya.
Kemudian, dari hasil evaluasi juga beberapa petugas diduga melakukan tindakan yang tidak semestinya kepada Warbin, akan diperiksa oleh Penyidik Kepolisian.

Selain itu, oknum petugas itu telah dicabut dari Lapas Kelas III Parigi, dan ditugaskan ke Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah, sambil menunggu proses hukum.

“Kami akan melakukan pemeriksaan secara transparan. Siapa pun yang salah akan kami tindak sesuai mekanisme yang semestinya,” tegasnya.

Berdasarkan pantauan media ini, pelayanan di Lapas Kelas III Parigi telah kembali seperti biasanya. Beberapa keluarga yang mengantarkan makanan ke Warbin, dilayani petugas.

Puluhan anggota Kepolisian juga akan melakukan pengamanan hingga bebebrapa hari kedepan. Personel dibagi menjadi tiga regu dan melakukan pengamanan di berbagai sisi Lapas. (sp/rapar)

About REDAKSI

Check Also

Polisi Bekuk Pria Asal Kota Palu Bawa Sabu

SHARE :    SIGI, Sigipos.com- Satuan Reserse Narkoba Polres Sigi berhasil mengamankan seorang pria berinisial FM (30), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *