Jumat , 3 Desember 2021

Bunda Paud Sulteng Dan Banggai Hadiri Rakor Tingkat Kecamatan

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

Banggai, Sigipos.com,- Bunda Paud Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Hj. Vera Rompas Mastura S.Sos, M.Si dan Bunda Paud Kab. Banggai Ir. Hj. Syamsuarni Amirudin, SE, MM, menghadiri Rapat Koordinasi Bunda Paud tingkat Kecamatan, Desa/Kelurahan, Gugus Tugas Paud HI, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lintas Sektor Organisasi Mitra Profesi Forum Paud dan Pemangku Kepentingan lainnya, Senin (25/10/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang rapat Umum Kantor Bupati Banggai, Turut hadir Kajari Luwuk Banggai, Wakil Bunda Paud Kab. Banggai Hj. Halima Pawata, S.Sos, Pimpinan OPD, seluruh Tim Pokja Bunda Paud, seluruh Bunda Paud Se-Kecamatan, Para Camat, Pimpinan Cabang Bank Sulteng & Bang BRI cabang Luwuk, Ketua Bhayangkari, Ketua Dharma Wanita, Ketua Persit, Ketua Jalasenasri, Ketua Adhyaksa, Para Ketua Organisasi perempuan, serta seluruh tamu undangan.

Bunda Paud Provinsi Sulawesi Tengah Hj. Vera Rompas Mastura mengatakan bahwa Bunda Paud mempunyai peran yang sangat strategis dalam memberikan layanan Paud yang berkualitas.

“Agar semua layanan anak usia dini disemua wilayah bisa terlaksana secara optimal, memerlukan berbagai dukungan, salah satunya adalah Bunda Paud mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, Kecamatan Desa dan Kelurahan,” terangnya.

“saya sangat mengharapkan Bunda Paud Kab. Banggai untuk menggerakkan semua komponen dan sumber daya yang ada diwilayahnya masing-masing.” Harap Bunda Paud Prov. Sulteng.

Hj. Vera Rompas juga mengatakan perlunya lebih fokus dengan program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) yang meliputi perawatan pendidikan pengasuhan perlindungan kesehatan dan gizi serta kesejahteraan anak, termasuk pencegahan stunting.

“Bunda PAUD mempunyai peran dalam memotivasi, menjadi motor penggerak terutama kaum ibu yang mempunyai anak balita. Karena peran orang tualah yang mempunyai peranan penting sebagai pendidik, pengasuh, perawat, pembimbing bagi putra putrinya, terutama dalam proses tumbuh kembangnya”, katanya.

Bunda PAUD merupakan jabatan strategis yang melekat, juga sebagai ketua TP PKK, ketua Dekranas, sesepuh organisasi wanita, ketua barbagai yayasan yang saling terkait.

“Oleh karena itu Bunda PAUD bisa memberikan saran, masukan rekomendasi kepada DPR, Pemda, bahkan pemerintah pusat dalam pelaksanaan program PAUD” jelasnya.

Terkait pemenuhan kebutuhan gizi balita, bunda Paud bisa berkoordinasi dengan POKJA 3 TP PKK melalui program B2SA, MTAS, MP ASI, FOR Ikan, juga AKU Hatinya PKK. Pada dasarnya semua POKJA di TP PKK mempunyai andil dalam pelaksanaan program PAUD bermutu.

“Program-program unggulan seperti PARRADI, GALERI PELANGI, AKU HATINYA PKK, dan Keluarga Tanggap Bencana, semuanya terkait dengan program PAUD, dan bisa dioptimalkan di Kab. Banggai ”, tutup Bunda Paud Provinsi Vera Rompas Mastura. (Muh Basri)

_(Mu’awanah/Bag. Prokopim Setda Banggai)_

About REDAKSI

Check Also

Inovasi Cegah Stunting 2021, Banggai Raih Penganugerahan Award dari BKKBN Pusat

SHARE :    BANGGAI,- Prestasi yang sangat membanggakan untuk Kabupaten Banggai, dari sejumlah peserta yang ikut Inovasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *