Jumat , 3 Desember 2021

Kunker Bupati Banggai, Resmikan Pasar Rakyat Polabotian Balantak

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

Banggai, Sigipos.com,– Bupati Banggai H. Amirudin bersama Wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin menghadiri sekaligus meresmikan Pasar Rakyat Polabotian Balantak dirangkaikan dengan Penyerahan Bibit Pala Dan Bibit Durian, serta Lounching Inovasi Gerakan Remaja Hindari Covid 19 (Inovasi Gerhana).

Usai menghadiri beberapa kegiatan, Bupati dan Wakil Bupati beserta jajaran ke Kecamatan Balantak, sehingga Pemerintah Kabupaten Banggai menginginkan fokus pemerataan pembangunan di wilayah kepala burung.

Adapun lokasi dikunjungi adalah ada 3 Tempat, yakni Peresmian Pasar Rakyat di Kelurahan Balantak Kec. Balantak, Penyerahan Bibit Pala dan bibit durian di Desa Rau Kec. Balantak, dan Louncing Inovasi Gerhana (Gerakan Remaja Hindari Covid-19) di Desa Dolom Kecamatan Balantak.

Bupati Banggai H. Amirudin mengatakan, kegiatan pasar seperti ini mendatangkan kebaikan kepada kita semua, karna kedepan kita akan menghadapi pesatnya pertumbuhan ekonomi.

“Saya mengharapkan kepada seluruh masyarakat Balantak untuk supaya bersiap-siap menyambut pertumbuhan ekonomi yang sangat besar, karena saya bersama Wakil Bupati Banggai Om Pungke dalam mengawali masa awal tahun jabatan kami, kami ingin memfokuskan pembangunan di daerah Kepala Burung ini,”ucap Bupati H. Amir.

Wilayah Kepala Burung terdiri dari Kecamatan Masama, Lamala, Mantoh, Balantak, Balantak Selatan, Balantak Utara, dan Bualemo.

“Pasar rakyat dapat mendongkrak ekonomi masyarakat dan pesatnya pertumbuhan ekonomi,” kata Bupati Banggai.

Dia meminta masyarakat di wilayah Kepala Burung bersiap-siap menyambut pertumbuhan ekonomi yang sangat besar.

“Kami ingin fokuskan pembangunan di daerah Kepala Burung, Ini dilakukan supaya ada pemerataan pembangunan. Misalnya pembangunan di wilayah Kepala Burung harus seiring dengan kecamatan lain, seperti Kecamatan Toili, Pagimana maupun Bunta,Kedepan di tahun 2022 program kita akan jalan dan kita akan fokuskan ke wilayah tersebut” ungkapnya.

“Tak lupa Kami juga ingin menyampaikan, agar masyarakat Balantak mendo’akan kami untuk rencana proses Pembentukan Kawasan industri khusus di Wilayah Kepala Burung,” jelas Bupati Banggai.

Lebih lanjut dijelaskan Bupati, Saat ini masih dalam proses, investor sudah menyatakan kesiapannya, oleh karena itu doakan kami, mudah mudah mudahan Daerah Kepala Burung ini bisa menjadi Kawasan industri Khusus kedepan, ini yang Bisa mendongkrak perekonomian, ribuan orang tenaga kerja di butuhkan ” tambah Bupati.

“Olehnya itu saya berharap kepada Masyarakat Wilayah Kepala Burung untuk selalu mengembangkan Kualitas dan skill dlam menyambut era Four Poin Zero, sehingga masyarakat bisa menjadi pemain di Kampung sendiri, bukan jadi penonton” harap Bupati.

Bupati banggai H. Amirudin mengaku banyak program-program aksi pada pemerintahannya, seperti program BPJS yang telah dilaunching, Pupuk gratis, bibit gratis, dan aksi lainnya.

“Meskipun umur pemerintahan kami baru usia 4 bulan tapi alhamdulillah program aksi kami perlahan kami mulai laksanakan,” tegasnya.

“Untuk program lainnya kami belum menyentuh apa-apa karna kami masi melanjutkan program pemerintah yang lama” pungkasnya.

Bupati juga menegaskan agar Masyarakat Balantak lebih mengembangkan budayanya, guna pertumbuhan perekonomian desa dan tentunya perekonomian daerah.

“Masyarakat Balantak harus bisa mengembangkan tari-tarian yang seperti tadi, jangan hanya menyambut kedatangan Bupati saja, tetapi untuk menyambut siapapun yang datang khususnya para bule-bule. Karna wisata didaerah kita ini sangat kaya, di Pulo Dua misalnya, ketika wisatawan asing datang mereka bisa melihat dan mempromosikan budaya kita melalui media sosial” terangnya.

“Contohnya seperti di Bali dan Lombok, mereka tidak punya SDA seperti di daerah kita. Akan tetapi mereka mengangkat budaya mereka sehingga besarlah daerahnya dan pesat pula perekonomian di daerah tersebut”, jelas Bupati Banggai.

“Sesuai dengan visi-misi kita yaitu salah satunya mengangkat budaya-budaya lokal yang ada didaerah kita, Dengan budaya yang kita miliki, insya Allah mereka akan tertarik dan mengunjungi kita, dengan kunjungan mereka, pasar kita juga akan terkena dampak positifnya” kata Bupati Banggai.

Setelah mengakhiri sambutanya, Bupati Banggai bersama Wakil Bupati Banggai melakukan pengguntingan pita sebagai simbol diresmikannya Pasar rakyat Polabotian.

Setelah memberikan sambutan di Peresmian pasar rakyat Kec. Balantak, Bupati Banggai bersama rombongan melanjutkan perjalanan Ke desa Rau untuk membagikan bibit pala dan bibit durian kepada kelompok tani.

Bantuan Penanaman bibit pohon ini diserahkan kepada 6 kelompok tani.

Pada kesempatan itu Bupati Berpesan kepada para petani untuk memanfaatkan seluruh bantuan gratis dari pemerintah untuk mengembangkan perekonomian

“Kepada para petani, manfaatkan semua bantuan gratis dari pemerintah, insya Allah beberapa tahun kedepan kita akan merasakan hasilnya, yang tentunya akan dapat membantu perekonomian keluarga, desa dan daerah kita, insya Allah” tutup Bupati Banggai.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Staf Khusus Bupati Banggai Taufan Pratama Zasya, Kaban Kesbangpol Irfan Poma, Kadis LH Syafrudin Hinelo, Kabag Umum Setda Ismed Wardana bersama Staf, Kabag Prokopim Ferry Ledder bersama Staf, Camat Balantak, Camat Balantak Selatan, Sekcam Balantak, Sekcam Balantak selatan, Kapolsek Balantak, Danramil Balantak, serta Masyarakat. (Muh Basri)

(Prokopim Setda Banggai)_

About REDAKSI

Check Also

Inovasi Cegah Stunting 2021, Banggai Raih Penganugerahan Award dari BKKBN Pusat

SHARE :    BANGGAI,- Prestasi yang sangat membanggakan untuk Kabupaten Banggai, dari sejumlah peserta yang ikut Inovasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *