Jumat , 3 Desember 2021

Penyerahan Hibah Ternak Sapi DiToili Ini Harapan Bupati Banggai

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

Banggai, sigipos.com,- Bupati Banggai H. Amirudin bersama Wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin menghadiri Kegiatan Penyerahan Bantuan Hibah Ternak Sapi Bali, UPSUS Inseminasi Buatan dan PKB, serta Pengobatan Ternak, oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Banggai Kecamatan Toili, pada Senin (25/10/2021)

Dalam rangka mewujudkan Inseminasi Buatan Anakan Sapi di Kabupaten Banggai melalui program Upaya Khusus Sapi (UPSUS) Inseminasi Buatan dan PKB (Pemeriksaan Kebuntingan) maka Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Banggai mengadakan Pemeriksaan Kebuntingan (PKB) massal Hasil Inseminasi Buatan (IB) serta Pengobatan ternak gratis, di Pasar Ternak Desa Tirta sari Kecamatan Toili.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kadis Peternakan & Keswan Kab. Banggai bersama Staf, Camat Toili, Kabag Prokopim Setda Banggai bersama Staf, Serta Para Kelompok Penerima Hibah Traktor dan Sapi dari Kec. Toili barat dan Toili.

Menurut Kadis Peternakan dan Keswan Ir. Ferlin Monggesang, M.Si bahwa bantuan sapi pada tahun ini sangatlah meningkat pesat jumlahnya dari tahun-tahun kemarin. Pada tahun 2019 sebanyak 350 ekor bantuan sapi, dan pada tahun 2020 sebanyak 66 ekor bantuan sapi, Dan pada tahun ini melonjak drastis sebanyak 758 ekor bantuan sapi.

“Kebijakan Pengadaan ternak sapi, baru di tahun ini meningkat, di bawah kepemimpinan Bupati Banggai Bapak Amirudin dan Wakil Bupati Bapak Furqanuddin, yang menganggarkan Pengadaan Sapi Sebanyak 758 ekor, ini sebagai Bukti keberpihakan Pemerintah terhadap pengembangan ternak khususnya sapi di Kab Banggai.” terangnya.

Kadis Peternakan juga mengatakan bahwa Kabupaten Banggai masuk menjadi Nominator terhadap inseminator dan petugas PKB Tingkat Nasional.

“Kab. Banggai mendapatkan kepercayaan oleh Balai penelitian dalam rangka Transfer Embrio Ternak, untuk diketahui di provinsi sulteng belum ada yang berhasil dalam transfer Embrio, semoga Kab. Banggai bisa berhasil”, tutur Ferlin Monggesang.

Adapun penerima bantuan ternak sapi ini diberikan kepada kelompok-kelompok tani/peternak sapi yang ada di wilayah Kec. Toili diantaranya diberikan kepada 6 kelompok ternak yaitu, Kelompok Harapan Maju Desa Tirta Kencana Kec. Toili, Kelompok Maju Bersama Desa Marga Kencana Kec. Toili, Kelompok sumber Sari Desa Tirtasari Kec. Toili, Kelompok lembu kencana Desa Rusa Kencana Kec. Toili, Kelompok Semangat Baru Desa Mansahang Kec. Toili, Kelompok Berkah Mandiri Desa Sentral Sari Kec. Toili.

Kepala Dinas Peternakan dan kesehatan Hewan ini, menjelaskan selain bantuan ternak sapi, Bupati juga memberi bantuan secara gratis kepada kelompok tani yang ada di wilayah kecamatan Toili Barat, yaitu menerima bantuan hand traktor untuk 3 Desa, Kelompok Tunas Nadi Desa Mekarsari Kec. Toili Barat, Kelompok Umbul sari Desa Mekarsari Kec. Toili Barat, Kelompok Merta Jati Desa Makapa Kec. Toili Barat.

Bupati Banggai H. Amirudin* menginginkan setiap ada penyerahan bantuan seperti bantuan sapi, ayam, atau kambing ingin diundang serta dilibatkan secara langsung didalamnya.

“Saya minta untuk di undang pada kegiatan-kegiatan seperti ini. Kenapa saya ikut? karena saya ingin memastikan bantuan yang gratis ini, benar benar gratis diberikan kepada masyrakat dan tepat sasaran”, pungkasnya.

H. Amir juga mengharapkan agar beberapa tahun kemudian Kab. Banggai mampu memproduksi bibit sapi unggul dari wilayah Kecamatan Toili.

“Saya berharap untuk pengadaan sapi di tahun berikutnya, kita tidak perlu Impor dari Provinsi lain, jika sapi yang telah dihibahkan ini bisa berkembang biak dengan baik, maka Kec. Toili sudah bisa memproduksi bibit sapi yang unggul untuk wilayah Kab. Banggai”, harap H. Amir.

Menurut Bupati Banggai, dana yang diperuntukan untuk dinas Peternakan, yang diperuntukkan untuk bantuan kepada masyarakat sangatlah besar, dana tersebut mencapai puluhan milyar.

“Dana untuk dinas ini sangatlah besar. Sangat disayangkan jika bantuan-bantuan yang diberikan dari pemerintah kepada rakyat ini tidak sampai kepada yang berhak menerima, makanya saya datang karna ingin mengontrol secara langsung Penyerahan bantuan ini” tuturnya

Bupati banggai juga menegaskan bahwa semua bentuk bantuan itu gratis, baik di bidang pertanian, perikanan, bidang sosial, Semua bantuan-bantuan itu gratis dan Pemerintah akan mengontrol dan mengevaluasi setiap saat

“Tidak ada satupun bantuan yang diberikan secara gratis yang dipungut bayaran. Program kami cukup banyak ya, Mudah-mudahan bisa menuju Banggai yang maju, mandiri, dan sejahtra dapat terlaksana dengan baik”, tegasnya.

“Saya dan om Furqon sejak awal telah menyampaikan ketika menjadi Bupati semata-mata hanya untuk mengabdi, kami tidak mengejar duit untuk menjadi Bupati. Kami mengabdi memperuntukkan semua Potensi Pendapatan Daerah sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Oleh sebab itu bapak/ibu tolong sapi yang ada di pelihara dengan baik, kalo ada sapinya yang tidak beranak tolong segera laporkan ke kami biar segera kami ganti” terangnya.

Diakhir sambutannya Bupati Banggai mengaku akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kab. Banggai.

“Insya Allah saya dan pak Furqanuddin akan mencari Potensi Pendapatan Daerah sebanyak-banyaknya, untuk kepentingan masyarakat, akan kami berikan kepada masyarakat untuk mencapai Banggai maju, sejahtera dan mandiri”, ucap Bupati H. Amirudin. (Muh Basri)

(Mu’awanah/Bag. Prokopim Setda Banggai)

About REDAKSI

Check Also

Inovasi Cegah Stunting 2021, Banggai Raih Penganugerahan Award dari BKKBN Pusat

SHARE :    BANGGAI,- Prestasi yang sangat membanggakan untuk Kabupaten Banggai, dari sejumlah peserta yang ikut Inovasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *