Jumat , 3 Desember 2021

Pelaksanaan Gugus Tugas Reforma Agraria Ini Disamapikan Setda Banggai

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

Luwuk, Sigipos.com,- Bupati Banggai H. Amirudin, diwakili Sekretaris Daerah (Setda) Kab. Banggai Ir. Abdullah, M.Si menghadiri dan membuka secara resmi Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria Kab. Banggai, yang diselenggarakan oleh Kementrian Agraria dan Tataruang/Badan Pertanahan Nasional Kantor Pertanahan Kab. Banggai Sulawesi Tengah.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Swiss-belinn Luwuk pada Jumat 05 Nopember 2021 dihadiri Dr. Ir. Doni Janarto Widiantono, M., Eng., Sc (Kakanwil BPN Sul-Teng), Eko Suharno, A.PTNH., MH (Kabid Penataan dan Pemberdayaan Kanwil BPN Sulteng), Anang Indrayu, S.Sit (Kepala Kantor Pertanahan Banggai), Pimpinan OPD terkait (atau yg mewakili), Pemerhati Agraria, dan peserta rakor lainnya.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kab. Banggai Ir. Abdullah Ali menyampaikan kegiatan seperti ini dipandang sebagai wujud nyata atas kepedulian dalam membangun kerjasama BPN dengan Pemda.

Menurutnya Pelaksanaan gugus tugas reforma agraria memiliki arti penting sebagai upaya menata kembali penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan permukaan bumi dalam mewujudkan fungsi sosial atas tanah.

“Karnanya, harus ada sinergitas antara BPN dan PEMDA serta instansi yang terkait”, pungkasnya.

Lebih lanjut Dia mengatakan berkenaan dengan legalisasi aset melalui pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) yang jumlah bidang-bidang tanah di daerah ini, diharapkan di tahun 2024 seluruh tanah telah terdaftar.

“Oleh itu, saya menghimbau kepada BPN yang ada di Kab. Banggai agar dalam implementasinya di masyarakat jangan hanya terget yang dikejar tetapi desain awal RT/RW dari instansi terkait juga menjadi acuan agar bagaimana dampak dari tanah yang telah disertifikasi menjadi bermanfaat bagi masyarakat” terangnya.

Diakhir sambutannya Setda Kabupaten Banggai berharap dengan terdaftarnya seluruh bidang tanah melalui PTSL dapat mencegah terjadinya sengketa dikemudian hari.

“Maksud dan tujuan bahwa reforma yang merupakan program pemerintah tentunya ditujukan untuk mengurangi ketimpangan dalam kepemilikan, penguasaan, penggunaan dan pemanfaatan tanah, semoga dapat terlaksana dengan baik”, tutup Sekda Kab. Banggai. (Muh Basri)

Sumber ; Bag. Prokopim Setda Banggai/Mu’awana.

About REDAKSI

Check Also

Inovasi Cegah Stunting 2021, Banggai Raih Penganugerahan Award dari BKKBN Pusat

SHARE :    BANGGAI,- Prestasi yang sangat membanggakan untuk Kabupaten Banggai, dari sejumlah peserta yang ikut Inovasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *