Jumat , 3 Desember 2021

Wabup Banggai Resmi Membuka Sosialisasi Hak Atas Kekayaan Intelektual

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

BANGGAI, Sigipos.com,- Bupati Banggai diwakili Wakil Bupati Banggai Drs. Furqanudin Masulili secara resmi membuka sosialisasi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) indikasi geografis batik dan tenun nambo, pertemuan yang diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan itu berlangsung di Maleo Convention Center Hotel Estrela Luwuk, Rabu (17/11/21) pagi.

Hadir bersama Tim Kemenkumham RI, Tim Kemenkumham Provinsi Sulteng. Camat Nambo, Kadis Pariwisata, Kadis Perdagangan bersama jajarannya, Narasumber dan sejumlah pelaku usaha UMKM tenun nambo.

Wakil Bupati Banggai dalam sambutannya menjelaskan bahwa, kekayaan intelektual adalah kekayaan yang timbul dari kemampuan intelektual manusia.

“Hak kekayaan intelektual dapat berupa karya di bidang tekhnologi, ilmu pengetahuan, dan seni karya melalui pemikiran, daya cipta dan ras, “ucapnya.

Wabup menambahkan, Tenun nambo sebagai karya tradisional leluhur anak negeri terkenal dengan berbagai motif yaitu burung maleo, cardinal fish dan motif khas mosa’angu.

” Tenun nambo yang dibuat dengan ciri khas produk dan kualitasnya serta diproduksi di kawasan tertentu di wilayah geografisnya, kalau kita perhatikan Haki merupakan cara untuk melindungi hak kekayaan intelektual,”ungkapnya

Usai sambutan Wakil Bupati dilanjutkan dengan penyematan peserta dan pemberian pedoman branding indikasi geografis indonesia. (Muh Basri)

Sumber : Tim Liputan Media Kominfo Banggai

About REDAKSI

Check Also

Inovasi Cegah Stunting 2021, Banggai Raih Penganugerahan Award dari BKKBN Pusat

SHARE :    BANGGAI,- Prestasi yang sangat membanggakan untuk Kabupaten Banggai, dari sejumlah peserta yang ikut Inovasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *