Selasa , 18 Januari 2022

Pelaksanaan Pembangunan Jaringan Perpipaan SPAM IKK : ini diharapkan Wabup

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

SIGI – Wakil Bupati Sigi Dr. Samuel Yansen Pongi, S.E., M.Si. membuka secara resmi Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pembangunan Jaringan Perpipaan SPAM IKK Bora Untuk Kawasan Hunian Tetap Pombewe.

Rakor ini dihadiri pula oleh Perwakilan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Dinas CIKASDA Provinsi Sulawesi Tengah, Kadis PUPR Kabupaten Sigi, Perwakilan dari Konsultan ADB, Sekretaris Camat Sigi Biromaru dan Sigi Kota, Kepala Desa Pombewe, Bora, Watunonju, Oloboju, Kepala Desa Bakubakulu Kecamatan Palolo, dan para Ketua BPD Desa tersebut.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sigi mengucapkan terima kasih kepada Pihak BPPW serta CIKASDA yang telah membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi sehingga bisa bergerak cepat karena APBD Sigi sangat terbatas, dengan bantuan dari semua pihak yang sesuai kewenangannya Pemda sangat terbantu.

” saya mengajak Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa untuk mendukung program ini serta mensukseskan program – program dari pusat. Dan pada prinsipnya Pemerintah terus bekerja keras untuk masyarakat,”ucap Wabup.

Wabup juga mengingatkan para Kepala Desa agar terus mendorong masyarakat untuk divaksin dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kata Wabup capaian vaksinasi covid – 19 di Kabupaten Sigi sudah diatas 70 persen diatas rata-rata nasional tetapi ini belum cukup untuk itu Beliau berharap agar masyarakat yang sudah divaksin tahap pertama untuk melakukan vaksinasi tahap kedua sesuai jadwal agar daya tahan tubuh betul – betul kebal.

Sementara itu, Perwakilan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mensuport sistim penyediaan air minum yang ada di Desa-desa tersebut.

Kegiatan ini juga sebagai langkah untuk berpamitan bahwa kegiatan pembangunan tersebut akan segera dilkasanakan. Ia mengharap dukungan dari semua pihak agar hal tersebut bisa cepat terlaksana dalam rangka memberi pelayanan air minum ke masyarakat.

” Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 210 hari kalender dan berakhir pada 13 Juni 2022. Adapun kronologisnya bahwa sumber diambil dari eks sistim Bora (tidak ada mengambil sumber air baku baru) hanya dilakukan perbaikan karena memang secara teknis kapasitas yang ada itu masih mencukupi untuk dikembangkan ke Watunonju, Oloboju, dan Pombewe dan aset – aset yang dibangun ini akan menjadi milik Pemda Sigi oleh karenanya Beliau meminta dukungan terkait operasional dan pemeliharaannya kedepan,” tuturnya

Adapun lingkup kegiatan yaitu melakukan rehab imtek yang ada di Bakubakulu dan ia meminta suport dalam rangka sosialisasi ke masyarakat terkait kegiatan ini, akan melakukan rehabilitasi pipa yang ada di Desa Bora, melakukan pembangunan jaringan distribusi utama dari pipa Bora sampai huntap sepanjang 12 kilo 400 meter, dan akan melakukan pembangunan pipa jaringan distribusi untuk Desa Oloboju dan Watunonju karena di Pombewe jaringan distribusinya sudah dilaksanakan ( terkhusus untuk huntap ).adapun untuk masyarakat Pombewe sudah dilaksanakan juga saat ini yaitu untuk Desa Pombewe dan Loru ( dipaket yang lainnya), selanjutnya BPPW juga akan membangun bak reservoir di Desa Watunonju dan Oloboju, dan pembangunan kran tugu dimasing – masing Desa. Jumat (7/1/2022)

About REDAKSI

Check Also

Muskab Perbaikin Sigi, Secara Aklamasi Jamaludin L. Nusu kembali terpilih Sebagai Ketum

SHARE :    SIGI – Musyawarah Kabupaten (Muskab) Perbakin Sigi ke 2, yang akan memilih ketua umum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *