Rabu , 29 Juni 2022

12 Desa Di Dolo Selatan Sepakati Peraturan Bersma kades Tentang Resiko Bencana

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

SIGI, Sigipos.com,- MRED Mercy Corps Indonesia melakukan pertemuan kegiatan Program pemulihan pasca bencana di 12 Desa Di Kabupaten Sigi, hal ini difokuskan pada pengurangan risiko bencana untuk meningkatkan ketangguhan matapencaharian masyarakat.

Pada pertemuan kali ini juga membahas tentang Peraturan Bersama Kepala Desa hal ini diperlukan sebagai acuan hukum untuk keberlanjutan sistem peringatan dini yang ada di Kecamatan Dolo Selatan, sehingga terdapat system pengelolaan dan perawatan Bersama terhadap system yang telah dibangun

Sehingga di 12 Desa telah menyepakati bersama tentang Peraturan Bersama Kepala Desa sebagai acuan hukum untuk keberlanjutan sistem peringatan dini yang ada di Kecamatan Dolo Selatan.

Hadir pada pertemuan di kantor Camat Dolo Selatan Kamis (13/1/2022) adalah, Unsur Camat Dolo Selatan, Dinas PMD, Bapedda Sigi, Kominfo, Kepala Desa, BPD, KTB, FRB Desa, serta para NGO, MRED Mercy Corps Indonesia, YSI, Pusaka.

Dalam kegiatan peningkatan kesiapsiagaan, Mercy Corps Indonesia telah bekerja sama dengan BMKG dan BPBD dalam pembangunan sistem peringatan dini banjir berbasis web yang mengintegrasikan informasi
cuaca BMKG (NDF dan Nowcasting) dengan sensor curah hujan dan sensor ketinggian muka air yang dipasang di lapangan.

Mercy Corps Indonesia sedang menjalankan Proyek Mengelola Risiko melalui Pembangunan Ekonomi di Indonesia (Proyek MRED Indonesia) yang bertujuan untuk membangun masyarakat sadar bencana dengan memperkuat kapasitas kelompok rentan untuk meminimalkan dampak bahaya alam serta guncangan dan tekanan terkait iklim melalui kemitraan multipihak antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat sipil.

Pantauan media Sigipos.com pada pertemuan ini terlihat para Kepala Desa, BPD, KSB, dan FRB dolo selatan banyak memberikan sumbang saran terkait dengan keberlanjutan sistem peringatan dini yang ada di Kecamatan Dolo Selatan. (Lin)

About REDAKSI

Check Also

Bupati Sigi Pasang Plang Penerima PKH dan Kartu Sigi Masagena di Bangga

SHARE :    SIGI,- Bupati Sigi Moh Irwan Lapata didampingi Kadis Sosial Ariyanto melakukan pemasangan plang penerima …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *