Rabu , 5 Oktober 2022

Sekolah Lapang Cuaca Nelayan Di Baggai Resmi Dibuka : Ini Harapan Wabup

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

BANGGAI, Sigipos.com,- wakili Wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin Membuka Kegiatan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) Prov. Sulawesi Tengah Tahun 2022 Kamis (20/1/2022).

Kegiatan ini di Hadiri oleh Widya Iswara Utama BMKG Drs. R Mulyono Rahardi Prabowo, M.Si, Wakil Bupati Banggai Laut Ablit H Ilyas, SH, Kepala Stasiun GAW-Pemantau Atmosfer Global Asep Firman Ilahi, S.Stat., M.Si, Kadis Perikanan Drs. Benyamin Pongdatu, M.Si.

Wakil Bupati Banggai Dalam Sambutanya mengatakan bahwa, Karena sekolah lapang cuaca nelayan (SLCN) tentu saja untuk keselamatan para nelayan, atau nyawa manusia.

” saya atas nama pribadi, selaku pimpinan pemerintah kabupaten banggai menyampaikan terima kasih ada sekolah lapang cuaca untuk nelayan. ini penting dan juga jangan hanya hari ini saja, tetapi harus berkelanjutan, dengan adanya kegiatan ini tentu saja akan mengedukasi para nelayan kita di kabupaten banggai,”ucap Wabup.

Lebih lanjut dijeskan wabup sehingga dengan ilmu yang didapatkan nanti para nelayan bisa memanfaatkan informasi cuaca untuk meningkatkan hasil tangkapan ikannya dengan maksimal.

tentunya dengan cara
yang aman dan efisien. sehingga nelayan harus tahu daerah mana yang ada ikannya untuk ditangkap, sehingga mereka tidak perlu berputar-putar di tengah laut guna mencari ikan.

” kita jangan pakai paradigma lama, tapi bagaimana nelayan yang tahu akan cuaca dimana ikan berada,”ungkapnya.

Oleh karena itu sekolah lapang cuaca nelayan adalah merupakan solusi yang terbaik untuk memberikan pengetahuan pemahaman tentang dasar-dasar tentang cuaca berdasarkan prinsip-prinsip pemahaman dan pemanfaatan informasi meteorologi maritim kepada stakeholder di bidang kelautan.

Dengan adanya SLCN ini akan memberi pamahaman pada nelayan, sehingga nelayan lebih sejahtera dengan mengantisipasi adanya cuaca untuk itu kepada para peserta sekolah lapang cuaca nelayan (SLCN).

” saya mengharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik- baiknya agar dapat menambah wawasan terkait cuaca, tentu saja dengan adanya pengetahuan ini dapat mengurangi resiko kecelakaan bagi para
nelayan ketika melaut sekaligus dapat meningkatkan pendapatan di sektor perikanan,”harapnya.

Perserta yang mengikuti kegiatan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) berjumlah 33 Orang yang terdiri dari Dinas Perikanan, Dinas Kominfo dan Kelompok Nelayan. (Muh Basri)

About REDAKSI

Check Also

Cegah Rencana Aksi Unras Kapolsek Bulagi Lakukan Problem Solving Di Bulagi Utara

SHARE :    Banggai,- Kapolsek Bulagi IPDA Muh. Ruhil Newton Sugiarto, S.H bersama personil Polsek Bulagi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *