Jumat , 27 Mei 2022

RPJMD 2021-2026 dan Konsultasi Publik RKPD 2023 Digelar

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

BANGGAI – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) 2021-2026 dan Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 Kabupaten Banggai (7/2/22)

Kegiatan tersebut bertempat di Estrella Hotel dan Conference Center, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan.

Bupati Banggai, dalam sambutannya mengatakan bahwa, sejak dilantik, pemerintah daerah (Pemda) Banggai wajib menyusun RPJMD Kabupaten Banggai Tahun 2021-2026, yang merupakan penjabaran dari visi, misi dan program kepala daerah, dimana RPJMD tersebut memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai kerangka pelaksanaan pembangunan.

Pelaksanaan sosialisasi RPJMD Kabupaten Banggai tahun 2021-2026, Ir. H. Amirudin menambahkan, telah melalui tahapan-tahapan proses penyusunan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, kegiatan itu bertujuan memberi pedoman serta arahan rencana pembangunan jangka menengah bagi pelaku pembangunan, baik pemerintah, pihak swasta, maupun masyarakat.

Selanjutnya, Bupati Banggai memaparkan program-program prioritas dan strategis yang telah dilaksanakan dan termaktub dalam dokumen RPJMD 2021-2026. Diantaranya, penyelesaian masalah anak putus sekolah dan dewasa tidak sekolah, pencegahan dan penanggulangan stunting, peningkatan infrastruktur dasar kebutuhan masyarakat (puskesmas, perangkat jaringan, air bersih), pengembangan pemasaran dan kelembagaan pariwisata, pelatihan vokasi dan keterampilan bagi pencari pekerja dan pengusaha baru, Banggai mengaji, Banggai terang, serta program 1 juta 1 pekarangan.

“Kami akan terus konsisten dengan apa yang telah kami janjikan ke masyarakat Kabupaten Banggai dan dengan memohon restu dukungan seluruh masyarakat Banggai, kami akan selalu berupaya untuk menjadikan Banggai lebih baik lagi kedepannya,” tegas Ir. H. Amirudin.

Usai sambutan dan arahan Bupati, Wakil Ketua DPRD Banggai, Batia Sisilia Hadjar menyampaikan pokok-pokok pikiran mewakili lembaga legislatif.

Ia mengungkapkan, saat melakukan reses, mereka menerima aspirasi dari berbagai elemen masyarakat di setiap dapil. Secara umum, masyarakat menginginkan adanya peningkatan dan perbaikan dalam bidang infrastruktur, sumber daya manusia, pengentasan kemiskinan dan pengangguran, kesenjangan wilayah, pengelolaan sumber daya lokal, tata kelola pemerintah dan kualitas pelayanan publik dan penangan dampak covid-19.

“Saya yakin dan percaya, Bapak Bupati beserta organisasi perangkat daerah, DPRD dan unsur Forkopimda dapat menuntaskan permasalahan yang ada, serta mampu merealisasikan dan mengimplementasikan apa yang tertuang dalam RPJMD,” sambungnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Banggai, Ramli Tongko selaku penyelenggara kegiatan mengatakan bahwa dari 7 kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tengah, hanya Banggai yang RPJMD-nya dibuat sendiri tanpa menggunakan pihak ketiga dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah sendiri mengikuti pola dan bentuk RPJMD Kabupaten Banggai.

Pada kegiatan tersebut, turut hadir pula anggota DPRD Banggai, Sekretaris Daerah Banggai, Ir. Abdullah Ali, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, unsur Forkopimda, Staf Khusus dan Staf Ahli Bupati, Asisten, para kepala bagian setda Banggai, tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda, perwakilan BUMN dan BUMD, camat dan lurah lingkup Kabupaten Banggai. Total peserta kegiatan yang hadir berjumlah 400 orang, di mana 250 orang mengikuti agenda secara daring.

sumber : (DKISP).

About REDAKSI

Check Also

Rapat Paripurna DPRD Ke-15, Pansus LKPJ sampaikan 11 Rekomendasi untuk Pemda Banggai

SHARE :    BANGGAI – Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banggai menyampaikan hasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *