Jumat , 27 Mei 2022

Workshop Penyusunan LPPD 2022 : ini Pesan Bupati

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

BANGGAI – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin membuka secara resmi kegiatan Workshop Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun Anggaran 2022.

Kegiatan tersebut bertempat di Estrella Hotel & Conference Center, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan. selasa (8/2/2022).

“Sebagaimana yang telah kita pahami bersama, bahwa amanat penyusunan dan penyampaian LPPD dari pemerintah kabupaten ke pemerintah provinsi dan publikasinya pada masyarakat merupakan delegasi dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah,” ujar Ir. H Amirudin di sela-sela sambutannya.

Melalui kesempatan ini, Bupati Banggai melanjutkan, ia menginstruksikan kepada para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk memerintahkan bagian perencanaan di masing-masing instansi agar segera memasukan data dan data pendukung LPPD yang menjadi kewenangan setiap OPD.

“Hal ini menjadi perhatian kita bersama, karena tanpa data dari perangkat daerah maka tidak mungkin tim kabupaten dapat merampungkan penyusunan LPPD tepat waktu sesuai dengan amanat undang-undang, karena masih terdapat beberapa perangkat daerah yang belum memasukan data pendukung sampai dengan hari ini,” sambungnya.

Ir. H Amirudin berharap pula agar transfer ilmu pengetahuan dari para narasumber dalam kegiatan workshop tersebut benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta, sehingga berbagai kendala yang dihadapi saat penyampaian data pendukung dari OPD pada tim penyusun LPPD Kabupaten dapat diminimalisir, sebab dokumen LPPD kabupaten/kota juga LPPD provinsi sejak tahun 2019 wajib dilakukan review oleh tim APIP inspektorat masing-masing daerah, sebelum disampaikan pada pemerintah di atasnya. Kemudian, LPPD akan diverifikasi oleh tim daerah Provinsi Sulawesi Tengah sebelum divalidasi akhir oleh tim nasional dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

“saya ingin terus mendorong dan mendukung kreativitas aparatur sipil negara di kabupaten banggai, sehingga etos kerja meningkat dan inovasi-inovasi baru terus dilahirkan. Saya percaya, kita mampu melakukan yang terbaik untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banggai ke depannya,” tutur Bupati sebelum mengakhiri sambutan.

Sementara itu, lewat sambungan virtual, Direktur Evaluasi Kinerja Daerah Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Dr. Deddy Winarwan, S.Stp, M.Si mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Banggai karena merupakan 1 dari 20 Kabupaten di Indonesia yang telah melaksanakan workshop penyusunan LPPD.

Ikut memberikan arahan, Kasubdit Evaluasi Kinerja Wilayah III Kemendagri, Dra. Imelda, M. Ap mengingatkan bahwa batas penyampaian LPPD tanggal 31 Maret 2022 dan diharapkan selama workshop kepala OPD bisa hadir dan ikut mendampingi jajaran. (MB)

Sumber : (DKISP)

About REDAKSI

Check Also

Rapat Paripurna DPRD Ke-15, Pansus LKPJ sampaikan 11 Rekomendasi untuk Pemda Banggai

SHARE :    BANGGAI – Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banggai menyampaikan hasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *