Rabu , 5 Oktober 2022

Sekda Banggai Hadiri Webinar Penyelesaian PAD

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

BANGGAI – Mewakili Bupati Banggai, Sekretaris Daerah, Ir. Abdullah Ali menghadiri Webinar bertajuk “Penyelesaian Permasalahan dan Optimalisasi Pemanfaatan Aset Daerah untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD)”, bertempat di ruang rapat khusus Kantor Bupati Banggai, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, pada hari Rabu (9/2/22).

Ir. Abdullah Ali didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Dr. Gunawan, hadir sebagai peserta pada webinar yang digelar Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah (Ditjen Keuda) Kemendagri Republik Indonesia itu, bersama kepala daerah dari seluruh Indonesia dan lembaga-lembaga terkait.

Pelaksana Harian (Plh.) Dirjen Keuda Kemendagri Republik Indonesia, Dr. Drs Agus Fatoni, M.Si memberikan arahan di awal webinar. Menurut penjelasannya, upaya percepatan penyelesaian masalah terkait pemanfaatan aset daerah yang dapat dilakukan adalah, yang pertama menyusun dan menetapkan peraturan daerah mengenai pengelolaan barang milik daerah (BMD). Kedua, pensertifikatan tanah.

Selanjutnya, sosialisasi pengelolaan aset daerah khususnya tata cara pemanfaatan. Keempat, melakukan inventarisasi BMD. Kelima, melakukan pemanfaatan terhadap BMD yang idle, dan yang terakhir penertiban aset daerah.

Sedangkan terkait permasalahan pemanfaatan aset daerah yang sering dialami pemerintah, baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi terjadi akibat kurang optimalnya pemanfaatan BMD dan belum tertib dan memadainya data BMD.

“Selain dua hal tadi, diakibatkan pula kapasitas pengelola BMD yang belum optimal, dan juga masih ada BMD yang berada dalam posisi idle atau tidak termanfaatkan” sambung dia.

Sejatinya, lanjut Dr. Drs Agus Fatoni, M.Si, yang menjadi akar dari masalah yang timbul pada pengelolaan aset daerah adalah jika pelaksanaan pemanfaatan BMD tidak sesuai regulasi, atau jika BMD dikelola oleh pihak yang kapasitas dan persyaratannya tidak diatur dalam undang-undang.

“Jika aset daerah dikelola dengan baik, maka akan menghasilkan keuntungan yang dapat menjadi sumber PAD, mengurangi beban APBD jika BAD terpelihara dengan baik, adanya sarana dan prasarana yang bisa terus bermanfaat, dan yang tidak kalah pentingnya, membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat untuk menunjang pertumbuhan ekonomi,” beber Plh. Dirjen Keuda Kemendagri Republik Indonesia. (MB/DKISP)

About REDAKSI

Check Also

Cegah Rencana Aksi Unras Kapolsek Bulagi Lakukan Problem Solving Di Bulagi Utara

SHARE :    Banggai,- Kapolsek Bulagi IPDA Muh. Ruhil Newton Sugiarto, S.H bersama personil Polsek Bulagi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *