Selasa , 27 September 2022
Massa aksi ALMB saat melakukan orasi di depan Mako Polres Tolitoli. (afandi)

Diduga Hilangkan Barang Bukti, ALMB Demo Kapolres Tolitoli

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

TOLITOLI, Sigipos.com – Aliansi Lembaga Masyarakat Bersatu (ALMB) melakukan aksi unjuk rasa di Mapolres Tolitoli, terkait dugaan keterlibatan Kapolres dalam pengambilan barang bukti batuan tembaga yang sebelumnya dititipkan di Polsek Lampasio, Kamis (10/02/22).

Koodinator lapangan (Korlap) ALMB, Hendri Lamo mengatakan, tindakan yang diduga dilakukan Kapolres Tolitoli, AKBP Budhi Batara, SH, MH, merupakan suatu tindakan yang sangat mencoreng nama baik institusi Polri .

“Hal yang dilakukannya berbanding terbalik dengan apa yang saat ini tengah dilakukan oleh institusi Kepolisian, yakni melakukan reformasi internal Kepolisian Republik Indonesia, dengan slogan PRESISI, dibawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyio Sigit Prabowo,” ungkap Hendri Lamo.
Ada empat poin dalam pernyataan sikap ALMB, yakni :

– Mendesak Kapolda Sulawesi Tengah untuk memeriksa dan menindaki Kapolres AKBP Budhi Batara, SH, MH.
– Mendesak Kapolri Jenderal Listyio Sigit Prabowo untuk membatalkan jabatan baru AKBP Budi Batara sebagai Wakil Direktur Pengamanan Obyek Vital di Polda Sulteng.
– Meminta kepada Polres Tolitoli agar kedepan tidak ada lagi peristiwa atau kejadian yang sama yang dapat berdampak pada tingkat kepercayaan masyarakat berkurang terhadap institusi Kepolisian, khususnya yang berada di Kabupaten Tolitoli.
– Aliansi Lembaga Masyarakat Bersatu akan memantau proses penindakan yang akan dilakukan oleh Kapolda Sulawesi Tengah terhadap Kapolres Tolitoli AKBP Budi Batara SH,MH, yang akan menempati jabatan baru sebagai Wadir PamovitPolda Sulawesi Tengah.

Wakapolres Tolitoli, Kompol F. Tarigan yang menerima pernyataan sikap dari massa aksi berjanji akan meneruskan ke tingkat yang lebih atas dan berharap kepada massa aksi memberi kepercayaan kepada intitusi Kepolisian terkait hal itu.

“Tentunya kita tidak ada yang kebal hukum. Walaupun demikian, kita akan melalui proses yang ada dan terima kasih atas pernyataan sikapnya, akan kami lanjutkan ke tingkat atas,” ujarnya.

“Dalam undang-undang sudah mengatur dalam menyampaikan pendapat di muka umum. Mari kita jaga situasi kamtibmas di wilayah Tolitoli ini. Berikan kepercayaan kepada para penegak hukum untuk menindak lanjutinya,” tambah Wakapolres Tolitoli. (pp/fn)

About REDAKSI

Check Also

Kejati Sulteng Agus Salim, Lantik Pejabat Eselon III

SHARE :    PALU,- Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah (Kajati Sulteng) Agus Salim SH, MH melantik pejabat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *