Rabu , 5 Oktober 2022

FGD Penyusunan Banggai dalam Angka 2022

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

BANGGAI – Bupati Banggai, diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Sekretariat Daerah Banggai, Ir. Ferlin Monggesang, M.Si menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan Focus Group Discussion (FGD).

Kegiatan FGD ini mengusung tema Penyusunan Kabupaten Banggai Dalam Angka 2022 berlangsung di Swiss-Belinn Hotel Luwuk, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan Rabu (16/2/2022).

FGD tersebut diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banggai dan diikuti oleh 67 orang peserta yang terdiri dari perwakilan-perwakilan Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Banggai, perwakilan lembaga vertikal, para pimpinan BUMN/BUMD dan instansi pendidikan.

Sejalan dengan arahan Presiden, Asisten II Setda Banggai melanjutkan, melalui Perpres No. 39 Tahun 2019 mengenai Satu Data Indonesia, BPS memiliki tugas sebagai instansi penyedia data statistik dasar dan pembina penyelenggaraan statistik sektoral, pengertian satu data yaitu data untuk seluruh kementerian, lembaga, instansi harus seragam.

“Sistem satu data merupakan sarana untuk menggabungkan data baik dari statistik dasar maupun statistik sektoral dalam rangka membangun satu pusat rujukan informasi statistik nasional, informasi dan data yang akurat merupakan salah satu kunci dalam memenangkan kompetisi antar daerah bahkan negara dengan data yang akurat dan berkualitas,” sambung dia ketika membacakan sambutan Bupati Banggai.

Ir. Ferlin Monggesang menyebutkan bahwa informasi dan data yang akurat merupakan salah satu kunci dalam memenangkan kompetisi antar daerah bahkan negara. Dengan data yang akurat dan berkualitas, pemerintah dapat membuat kebijakan dan mengambil keputusan yang tepat sesuai kondisi di lapangan.

“Dari data yang akurat akan lahir kebijakan yang efektif, kebijakan yang benar, tidak meleset karena datanya betul-betul akurat dan detail, karena Publikasi Kabupaten Banggai dalam angka merupakan gambaran atau potret pembangunan yang ada di Kabupaten Banggai. Isi dari publikasi tersebut akan menjadi salah satu dasar pengambilan kebijakan oleh pemerintah serta menjadi dasar evaluasi kinerja pemerintah daerah,” jelas Bupati Banggai dalam sambutan tertulis yang disampaikan Asisten II Sekretariat Banggai.

Turut hadir pula pada saat pembukaan, Kasubbag Umum Badan Pusat Statistik Kabupaten Banggai, Yongki Modalo, SE, Kabid Infrastruktur Bappeda Litbang Banggai dan Kabid Statistik DKISP Banggai.

Usai pelaksanaan FGD, kegiatan ditutup oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Judi Ammy Amisudin, SH., MH dan dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statitisktika dan Persandian (DKISP) Banggai, Hasanudin Idris, SH, M.Kom.

Sumber : (DKISP) Kabupaten Banggai

About REDAKSI

Check Also

Cegah Rencana Aksi Unras Kapolsek Bulagi Lakukan Problem Solving Di Bulagi Utara

SHARE :    Banggai,- Kapolsek Bulagi IPDA Muh. Ruhil Newton Sugiarto, S.H bersama personil Polsek Bulagi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *