Selasa , 27 September 2022
Tampak Presiden Joko Widodo sedang menekan tombol sirene, tanda proyek PLTA Poso Energy di Poso dan PT. Malea Energy di Tana Toraja Sulsel telah resmi beroperasi, didampingi JK dan menteri ESDM.

Presiden Resmikan 2 PLTA Dan Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Di Poso

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

POSO, Sigipos.com- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga air (PLTA)  PT. Poso Energy yang berkapasitas 515 mega watt (MW) di Desa Sulewana, Kabupaten Poso,  Sulawesi Tengah (Sulteng) dan PLTA  PT. Malea Energy berkapasitan 90 MW di Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (25/02/22).

Dalam kesempatan itu, Presiden mengakui, jika kehadiran PLTA akan sangat mendukung proses transisi penggunaan energi dari fosil ke energi hijau atau baru dan terbarukan (EBT).

“Kita tahu sekarang secara global mendesak, mengajak, men-suport, ke semua negara untuk menggeser pemakaian energi fosil dan masuk semuanya ke energi hijau,” tutur Jokowi pada sambutannya di lokasi PT Poso Energy.

Menurut Presiden, hal itu bukanlah hal yang mudah untuk menggeser penggunaan energi fosil, seperti batu bara ke energy hijau. Karena saat ini Indonesia sudah memiliki banyak Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang mengandalkan batu bara.

Dikesempatan itu juga, Presiden sangat mengapresiasi para pelaku industri yang turut membangun sumber energi berdasarkan energi hijau dan EBT, seperti halnya PT. Poso Energy dan PT. Malea Energy.

“Sekali lagi saya sangat menghargai dan mengapresiasi apa yang sudah dikerjakan atau dilakukan oleh Kalla Group dalam hal membangun hydro power di Sulteng dan Mamuju Sulawesi Barat serta PLTA di Kerinci Sumatera Barat,” ujar Jokowi.

Presiden juga dalam sambutannya menekankan upaya transisi ke energi bersih harus terus digencarkan. Sebab Indonesia telah memiliki target yang sudah disepakati secara global untuk menurunkan jumlah emisi sebanyak 29 persen pada 2030 mendatang. Sehingga mencapai target emisi nol pada atau net zero emision 2060.

“Target ini memang tak mudah untuk dikejar, karena memang antara kebutuhan dan permintaan serta pertumbuhan listrik harus terus diseimbangkan, bahkan jangan sampai pada kelebihan pasokan PLN, sehingga membebani PLN,” jelasnya.

Selesai meresmikan dua mega proyek tersebut, Presiden Jokowi sebelum terbang ke Palu, menyempatkan untuk menyaksikan pelaksanaan vaksinasi yang ada di kompleks PT. Poso Energy.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut,  Wakil Presiden RI ke 10 dan 12, Yusuf Kalla, Menteri BUMN, Eric Tohir, Menteri ESDM,  Arifin Tasrif, Mensesneg Pratikno, Gubernur Sulteng,  Rusdi Mastura dan Bupati Poso, Verna.  G. M.  Inkiriwang serta Ketua DPRD Poso, Sesi KD. Mapeda. (sp/dy)

About REDAKSI

Check Also

Kejati Sulteng Agus Salim, Lantik Pejabat Eselon III

SHARE :    PALU,- Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah (Kajati Sulteng) Agus Salim SH, MH melantik pejabat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *