Jumat , 27 Mei 2022

Banggai Bersaudara, Sekprov Sulteng: Banggai Tetap Satu dalam Budaya dan Sejarah

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

BANGGAI – Event Pesta Rakyat yang melibatkan berbagai elemen dari tiga Kabupaten Banggai Bersaudara telah resmi dibuka (11/3/22).

Kegiatan yang rencananya akan digelar selama 16 hari itu, mulai dari pembukaan hingga selesai, dilaksanakan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Teluk Lalong, Kelurahan Keraton, Kecamatan Luwuk, dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Tengah, Ir. Moh. Faizal Mang mewakili Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura.

Selain pameran pembangunan yang menampilkan informasi mengenai berbagai instansi dan organisasi, pesta rakyat yang digagas Forum Kota (Forkot) Kabupaten Banggai itu, menyajikan festival Usaha Kecil Menengah (UKM) dan adat budaya dari Kabupaten Banggai, Banggai Laut (Balut) dan Banggai Kepulauan (Bangkep).

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada penyelenggara, karena kegiatan ini merupakan upaya yang baik untuk meningkatkan kerukunan sesama warga Sulawesi Tengah, apalagi Kabupaten Banggai bersaudara, yang walaupun ketiga daerah ini terpisah secara administrasi, akan tetapi budayanya berasal dari akar yang sama, sehingga tentu memiliki ikatan yang kuat baik secara emosional maupun sejarah,” ujar Sekprov Sulawesi Tengah.

Pesta Rakyat ini, sambung beliau, diharapkan dapat memulihkan dan meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Banggai bersaudara di masa pandemi, terlebih lagi dengan pertumbuhan ekonomi yang baik, dibarengi ketersediaan komoditi dan SDM unggulan di tiga daerah Banggai tersebut, maka akan sangat menopang kebutuhan Ibu Kota Nusantara nantinya.

Selanjutnya, Ir. Faisal Mang menghimbau agar segenap masyarakat yang hadir agar selalu menaati protokol kesehatan pencegahan virus Covid-19. Di kesempatan yang sama pula, ia menyampaikan salam hangat dan permintaan maaf Gubernur serta Wakil Gubernur Sulawesi atas ketidakhadiran mereka karena di saat yang sama sedang mengikuti rapat dengan Presiden Republik Indonesia di calon Ibu Kota Indonesia yang baru.

Wakil Bupati Banggai, selaku perwakilan tuan rumah turut memberikan sambutan. H. Furqanudin Masulili mengucapkan terimakasih kepada Forkot Kabupaten Banggai selaku penyelenggara, karena melalui pesta rakyat tersebut, memberikan suatu cerminan kepada beliau, akan adanya dukungan dari masyarakat untuk merealisasikan visi dan misi Pemerintah Daerah, khususnya perihal penguatan budaya daerah dan kearifan lokal.

Sebagai informasi, acara pembukaan diawali dengan menyanyikan Lagu kebangsaan Indonesia Raya, lalu laporan Ketua Forkot Banggai, Hasbi Latuba, kemudian sambutan dari pimpinan di tiga Kabupaten Banggai bersaudara serta sambutan perwakilan Pemda Sulawesi Tengah sekaligus membuka kegiatan secara resmi.

Ada pula berbagai pertunjukan seni yang ditampilkan di sela-sela agenda acara. Pertama, pertunjukan teater tradisi oleh pelajar SMPN 2 Luwuk, dilanjutkan dengan pertunjukan tari oleh Sanggar Seni Rompong dan pelajar dari Kecamatan Moilong, dan terakhir, penampilan Marching Band SMA Katolik St. Joseph Luwuk.

(DKISP) Kabupaten Banggai

About REDAKSI

Check Also

Rapat Paripurna DPRD Ke-15, Pansus LKPJ sampaikan 11 Rekomendasi untuk Pemda Banggai

SHARE :    BANGGAI – Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banggai menyampaikan hasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *