Jumat , 27 Mei 2022

Guna Sempurnakan RKPD 2023, Pemda Banggai Gelar Forum Perangkat Daerah

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

BANGGAI – Dalam rangka menyempurnakan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023, Pemda Banggai melaksanakan kegiatan forum perangkat daerah (FPD), pada hari Selasa (15/3/2022) di Estrella Hotel dan Conference Center, Kelurahan Tanjung Tuwis, Kecamatan Luwuk Selatan.

Sekretaris Bappeda Litbang Banggai, Abdullah Djafar, S.sos, ME, mengatakan bahwa, kegiatan akan berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 15 hingga 16 Maret 2022.

Ia menambahkan pula, FPD akan dilanjutkan Rabu 16 Maret 2022 dengan format kegiatan berupa desk yang memperhadapkan pimpinan Organisasi perangkat daerah dengan pemangku kepentingan di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan.

Lebih lanjut dijelaskanya, tujuan dilakukannya FPD adalah untuk menyelaraskan program serta pendanaan kegiatan perangkat daerah dengan usulan hasil Musrenbang Kecamatan dan hasil reses DPRD Banggai, serta menciptakan koordinasi yang baik antara perangkat daerah perihal kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai tugas pokok, fungsi dan wewenang masing-masing.

Bupati Banggai dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan secara resmi, mengingatkan agar rancangan kinerja harus sejalan dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Banggai serta diupayakan sinergis dengan apa saja yang menjadi program prioritas pemerintah daerah (Pemda).

Kabupaten Banggai terkait penyusunan rencana pembangunan, kata Bupati, Banggai memperoleh peringkat pertama dalam penilaian penghargaan pembangunan se provinsi Sulawesi tengah dan bersaing dengan 16 kabupaten se Indonesia dalam penilaian tahap kedua nominasi perencanaan terbaik tingkat nasional.

“Kita bukan hanya sekedar mencari juara, tetapi bagaimana program-program prioritas unggulan daerah dan inovasi yang telah dilakukan, pada akhirnya betul-betul bermuara kepada perbaikan kesejahteraan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat kabupaten banggai,” tambah dia.

Perihal RKPD Tahun 2023 sendiri, menurut Ramli Tongko ketika menyampaikan materi, memiliki 10 isu strategis yang tertuang dalam rancangan, yaitu, dampak pandemi covid – 19 kualitas sumber daya manusia, kemiskinan dan pengangguran, keterbatasan infrastruktur dan kesenjangan wilayah, air bersih, sanitasi, perumahan layak dan terjangkau, pengelolaan potensi sumber daya alam dan ketahanan pangan daerah, revolusi industri 4,0 dan transformasi digital, penataan ruang, lingkungan hidup dan penanggulangan bencana daerah, pengembangan pariwisata kebudayaan daerah serta tata kelola pemerintahan dan kualitas pelayanan publik.

Diketahui dari informasi yang didapatkan di hari pertama FPD, pendapatan asli daerah Kabupaten Banggai untuk seluruh komponen diproyeksikan naik sebesar 10% dari target APBD Tahun 2022, sedangkan proyeksi belanja Kabupaten Banggai untuk tahun 2023 menyesuaikan pada target pendapatan daerah 2023 dengan mengacu pada Permendagri Republik Indonesia Tentang Pedoman APBD yang terbit setiap tahun.

Selain para pimpinan organisasi daerah lingkup Pemda Banggai beserta jajaran, turut hadir pula pada kegiatan tersebut, pimpinan dan anggota DPRD Banggai, pimpinan BUMN dan BUMD, organisasi masyarakat, lembaga adat, organisasi kepemudaan, organisasi perempuan serta pimpinan media.

Sumber : (DKISP) Kabupaten Banggai

About REDAKSI

Check Also

Rapat Paripurna DPRD Ke-15, Pansus LKPJ sampaikan 11 Rekomendasi untuk Pemda Banggai

SHARE :    BANGGAI – Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banggai menyampaikan hasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *