Jumat , 27 Mei 2022

Webiner Lingkungan, Seminar Tentang Kawasan Konservasi Perairan Berkelanjutan Digelar

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

BANGGAI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai bekerjasama dengan JOB Tomori menggelar Webinar Lingkungan dengan tema “Pengelolaan dan Pemanfaatan Kawasan Konservasi Perairan yang Berkelanjutan”, bertempat di Ruang Rapat Khusus Kantor Bupati Banggai, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, pada hari Jumat (11/3/22).

Mewakili Bupati Banggai, kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai, Ir. Abdulah Ali. Sebelum sambutan beliau, kegiatan diawali dengan menyanyikan secara bersama Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, lalu pemaparan teknis kegiatan oleh General Manager JOB Tomori, Imam Nur Akbar, kemudian pengantar dan arahan dari Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Banggai, Drs. H. Paiman Karto, setelah itu, penyampaian materi oleh narasumber, Marthen Welly, S.Pi, M.Si yang merupakan Advisor Coral Triangle Center (CTC).

“Hampir semua Kecamatan di Kabupaten Banggai memiliki kawasan wisata bahari, dan Pemkab sendiri memiliki 3,7 Hektar lahan yang dapat dikembangkan menjadi kawasan wisata jika kedepan JOB akan melakukan kerjasama dengan Pemkab, selain itu wisata adat Festival Tumpe menggunakan kendaraan dan jalur perhubungan laut yang tentu berkaitan erat dengan peningkatan Kawasan perairan,” ujar Ir. Abdullah Ali setelah sebelumnya menyampaikan salam hangat dan permintaan maaf Bupati Banggai atas ketidakhadiran beliau karena disaat bersamaan harus menghadiri kegiatan yang tidak kalah pentingnya.

Kepala Dispar Banggai dalam arahan yang ia berikan kepada para peserta webinar, menyebutkan bahwa dasar hukum Kawasan Perairan Kabupaten Banggai adalah Keputusan Bupati Banggai Nomor 523/1209/Dislutkan/2015 dengan luas kawasan 75 Hektar. Sedangkan ancaman terhadap keberlangsungan ekosistem pariwisata sendiri adalah, penangkapan dengan alat, penambangan karang serta penangkapan berlebih terhadap beberapa spesies.

“JOB Tomori komitmen dalam melakukan perbaikan pengelolaan kawasan konservatif dengan cara bekerja sama dengan masyarakat dan juga pemerintah baik pemerintah desa, daerah maupun pemerintah pusat,” jelas General Manager JOB Tomori, Imam Nur Akbar di sela-sela sambutannya.

Webinar kali ini, sambung Imam Nur Akbar, merupakan wujud nyata JOB Tomori dalam melestarikan dan melindungi lingkungan hidup di Kabupaten Banggai dengan potensi sumber daya alam perairan yang cukup banyak. Oleh karena itu, melalui pengelolaan yang baik dan benar, semoga dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kabupaten Banggai.

Terakhir dan merupakan inti acara, Marthen Welly, S.Pi, M.Si selaku narasumber menyampaikan materi tentang tata kelola dan beberapa teori terkait pelestarian kawasan konservasi perairan dan potensi wilayah-wilayah di Kabupaten Banggai yang dapat dikembangkan menjadi kawasan wisata bahari.

Turut hadir pula pada kegiatan tersebut, Ketua Lembaga Sumberdaya Pesisir dan Maritim, Dr. Samsu Adi Rahman, S.Pi, M.Si, Kepala Bagian Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Banggai, Kepala Dinas Perikanan, akademisi dari Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai serta 38 peserta yang mengikuti kegiatan secara virtual.

(DKISP) Kabupaten Banggai

About REDAKSI

Check Also

Rapat Paripurna DPRD Ke-15, Pansus LKPJ sampaikan 11 Rekomendasi untuk Pemda Banggai

SHARE :    BANGGAI – Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banggai menyampaikan hasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *