Rabu , 5 Oktober 2022

Bimtek dan Dialog Lembaga Kerja Sama Tripartit Disnakertrans Tesmi Di Buka

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

BANGGAI, Luwuk- Setelah menghadiri Sertijab, Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka melanjutkan agendanya untuk membuka kegiatan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) dan Dialog Lembaga kerja sama Tripartit Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tengah.

Kegiatan bimtek dan dialog berlangsung di Ruang Maleo Convention Centre Hotel Estrella Luwuk, Selasa (19/04/22) pagi.

Turut bersama, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tengah dan Tim, Kadisnakertrans Kabupaten Banggai Ernaini Mustatim, Perwakilan DPRD Kabupaten Bangga, Pimpinan Perusahaan, Pengawas Tenaga Kerja UPT Wilayah II Banggai.

Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka dalam sambutannya mengatakan, tenaga kerja adalah penduduk dalam usia kerja yang siap melakukan pekerjaan, antar lain mereka yang sudah bekerja dan yang sedang bekerja.

” Sudah tentu ini sejalan dengan undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenaga kerjaan pasal 107 yang mengamanatkan bahwa dibentuknya LKS ini sesuai dengan tingkatan, “ucapnya.

Bupati Banggai menuturkan, Lembaga Kerja Sama Tripartit (LKS) hendaknya menjadi perhatian semua pihak untuk menjadi Lembaga terdepan dan menjadi motor penggerak dalam pembangunan ketenagakerjaan.

” Tripartit hadir untuk mengantisipasi permasalahan dan sengketa hubungan industrial yang mengakibatkan unsur pekerja, pengusaha dan Pemerintah, “imbuhnya.

Selain itu, Kadis Nakertras Provinsi Sulawesi Tengah Arnold Firdaus pada kesempatannya memaparkan, tentang kasus tindakan terhadap ketidak patuhan pengusaha. Ada bagian yang perlu diperhatikan yakni pengawas naker melakukan pemeriksaan terhadap informasi ketidak patuhan dengan meminta keterangan pihak pekerja dan disertai bukti-bukti.

Hal lainnya yakni, Pengawas ketenagakerjaan memberikan nota pemeriksaan jika terbukti ada ketidakpatuhan dalam memberikan gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR). tutupnya.

Sumber : DKISP Banggai

About REDAKSI

Check Also

Cegah Rencana Aksi Unras Kapolsek Bulagi Lakukan Problem Solving Di Bulagi Utara

SHARE :    Banggai,- Kapolsek Bulagi IPDA Muh. Ruhil Newton Sugiarto, S.H bersama personil Polsek Bulagi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *