Jumat , 12 Agustus 2022

Kejati Sulteng Gelar Upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-62

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

PALU- Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah gelar Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, berlangsung diharaman Kantor Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah. Jum’at(22/7/22)

Hari Bhakti Adhyaksa ke-62 tersebut mengusung temakepastian Hukum, Humanis, Menuju Pemulihan Ekonomi.

Sambutan Jaksa Agung Republik Indonesia Burhanuddin yang di bacakan oleh Kepala Kejaksaan tinggi Sulawesi Tengah Jacop Hendrik Pattipeilohi, SH MH menyampaikan bahwa hasil survei nasional mengenai Evaluasi Publik terhadap Kinerja Pemerintah dalam Bidang Ekonomi, Politik, Penegakan Hukum, dan Pemberatan Korupsi menunjukan peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Kejaksaan.

Menurutnya, Dari sebelumnya menduduki peringkat ke-delapan pada April 2022 menjadi peringkat ke-empat pada bulan Juni 2022 dengan capaian 74,5 Persen.

“Peningkatan kepercayaan tersebut karena masyarakat menganggap Kejaksaan sedikit-banyak telah mampu menampilkan wajah penegakan hukum yang didambakan. Di antaranya adalah keberhasilan Kejaksaan dalam menangkap kegelisahan masyarakat atas praktek penegakan hukum yang dinilai tidak memenuhi rasa keadilan, yaitu dengan dikeluarkannya kebijakan penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif,”ungkapnya.

Lebih Lanjut Dijelaskanya, Kebijakan tersebut merupakan tonggak perubahan paradigma penegakan hukum, sehingga masyarakat memposisikan restorative justice identik dengan Kejaksaan.

Terobosan berikutnya adalah menghadirkan Rumah Restorative Justice guna menyerap keadilan di tengah masyarakat, serta untuk menggali nilai-nilai kearifan lokal yang eksis di tengah masyarakat dengan melibatkan tokoh masyarakat, adat, dan agama, sehingga akan tercipta kesejukan dan perdamaian yang dapat dirasakan oleh seluruh warga.

“Oleh karenanya, saya kembali mengajak seluruh warga Adhyaksa untuk menjaga pelaksanaan keadilan restoratif, dan menjaga asa masyarakat bahwa penegakan hukum bernurani masih ada di negeri ini, serta saya ingatkan jangan pernah nodai kepercayaan masyarakat,”harapny

Hadir dalam Kegiatan tersebut Wakil Kepala kejaksaan tinggi Sulawesi Tengah,Kepala BPKP, Kepala Pengadilan Tinggi Sulawesi dan para Kejari se-Sulawesi tengah.

About REDAKSI

Check Also

Jelang Hari Bhakti Adhyaksa, Kejati Sulteng Gelar Pekan Olah Raga Dan Pembagian Doorprize

SHARE :    PALU- Menjelang saat perayaan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 62 pada tanggal 22 Juli …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *