Kamis , 6 Oktober 2022

DPRD Sigi bersama Pemda Setujui Ranperda APBD-P 2022

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  

SIGI,- DPRD Sigi bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun Anggaran 2022.

Sidang paripurna tersebut berlangsung di ruang sidang utama DPRD Sigi, Jumat 9 September 2022.

Sidang Paripurna itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sigi Moh Rizal Intjenae didampingi Wakil Ketua I Rahmat Saleh dan Waket II Imran Latjedi, dihadiri oleh Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi.

Plt. Sekwan Zainudin A. Usman, SE, Selaku Sekretaris Badan Angaran (Banggar) bukan anggota melaporkan bahwa Banggar bersama TAPD telah menyetujui beberapa usulan yang diajukan oleh masing-masing OPD, baik berupa penambahan, pengurangan serta pergeseran alokasi anggaran beberapa kegiatan pada masing-masing OPD, serta rasionalisasi terhadap beberapa belanja pada seluruh OPD dengan perhitungan yang terukur serta memenuhi azas kepatutan.

Dijelaskan, dalam pembahasan ini, Banggar juga telah melakukan beberapa koreksi terhadap draf dokumen rancangan peraturan daerah ini, baik dari segi tata penulisan maupun landasan hukum sesuai ketentuan perundang-undangan.

“Rancangan APBD-P Tahun Anggaran 2022, pada sisi pendapatan setelah pembahasan atau perubahan mengalami kenaikan sebesar Rp. 20.922.083.070,00, sehingga pada sisi belanja setelah pembahasan atau perubahan juga secara otomatis mengalami kenaikan,” sebut Sekwan menjelaskan.

Sementara dalam penyampaian pendapat akhir Bupati yang disampaikan Wabup Sigi Samuel Yansen Pongi bahwa, dengan diterimanya Ranperda perubahan APBD Kabupaten Sigi TA 2022 beserta seluruh laporannya untuk ditetapkan jadi Perda, maka hasil akhir dari pembahasan Perubahan APBD tersebut bertambah Rp. 20.922.083.070,00 atau sekitar 1,84 persen

Disebutkan, sebelum perubahan sebesar Rp 1.136.660.233.750, dan sesudah perubahan sebesar Rp 1.157.582.326.820.

“Ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Ketua serta seluruh Anggota DPRD Sigi yang selama ini bekerjasama dengan pihak Pemda Sigi dalam mengawal perjalanan pembangunan demi kepentingan seluruh masyarakat,” ucap Wabup Sigi. (Ardi)

About REDAKSI

Check Also

Dua Pejabat Utama Polres Sigi Kasat Reskrim Dan Lantas Berpindah Tugas

SHARE :    Sigi, – Dua Pejabat Utama di Kepolisian Resort (Polres) Sigi dimutasi, Rabu (28/9/2022). Mutasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *