Pemda Sigi Dapat Penghargaan Atas Dukungan Kontribusi Dalam Program JKN Dengan Pencapaian UHC

Jakarta– Bupati Sigi menghadiri Pemberian Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) kepada Pemerintah Daerah yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI dan BPJS Kesehatan di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa, 14 Maret 2023,

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator PMK RI, Menteri Dalam Negeri RI, Menteri Kesehatan RI, Dewan Pengawas BPJS Kesehatan dan Direktur Utama BPJS Kesehatan bersama 22 Gubernur dan 334 Bupati/Walikota.

Pemerintah Daerah yang mendapatkan penghargaan kali ini adalah Pemerintah Daerah yang secara optimal telah mencapai atau lebih dari 95 persen penduduknya terjamin pembiayaan kesehatannya melalui skema Program JKN.

Pemkab Sigi dinilai memenuhi kriteria tersebut dan juga memiliki komitmen tinggi dalam meningkatkan kualitas kesehatan.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden RI KH. Maruf Amin memberikan apresiasi kepada seluruh Pemerintah Daerah yang telah mendukung JKN-KIS sebagai program strategis nasional, yang mana program ini sudah dilaksanakan sejak 2014.

Pemerintah berkomitmen untuk selalu memberikan perlindungan kesehatan yang memadai kepada masyarakat, sehingga diharapkan sesuai RPJMN 2024 dapat mencapai 98 persen.

Wapres RI meminta Pemda dapat mengambil peran untuk mendaftarkan penduduk yang rentan, masyarakat disabilitas, warga lanjut usia dan masyarakat terlantar.

Wapres meminta BPJS Kesehatan untuk lebih mendorong peningkatan mutu layanan kesehatan melalui peningkatan SDM kesehatan sehingga masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan yang berkualitas.

Menurut Wapres, BPJS Kesehatan harus lebih meningkatkan layanan kesehatan sehingga manfaatnya benar-benar dapat dirasakan masyarakat.

Diakhir sambutan Wapres mengucapkan selamat kepada Pemda yang telah berhasil mencapai UHC minimal 95 persen, terus bekerja untuk kualitas pelayanan kesehatan yang prima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *