Bupati Sigi Studi Tiru Terkait Pengelolaan Sampah di Kota Surabaya

0
17

Sigipos.com,- Bupati Sigi Mohamad Irwan bersama rombongan Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi melakukan Studi Tiru terkait Pengelolaan Sampah di Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur Rabu 9 November 2022,

Dalam kegiatan tersebut rombongan Pemkab Sigi diterima oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Surabaya di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kota Surabaya.

Tujuan Studi Tiru ini menurut Bupati Sigi untuk berdiskusi sekaligus sharing terkait pengelolaan sampah yang lebih baik dan tentunya ramah lingkungan serta sampah memiliki nilai yang lebih baik.

Pemilihan Kota Surabaya sebagai target untuk Studi Tiru bukanlah tanpa dasar, melainkan sebagaimana data yang didapatkan bahwa Kota Surabaya merupakan Kota dengan Predikat dan Prestasi gemilang terkait pengelolaan sampah yang dikenal dengan program 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Melalui kegiatan ini diharapkan Pemkab Sigi juga dapat meniru dan mengimplementasikan sistem pengelolaan sampah yang lebih baik dan lebih modern serta berdaya guna, sehingga pencapaian Program Sigi Hijau dapat terus meningkat sebagai wujud pemanfaatan alam dengan tetap menjaga keasrian dan kelestarian lingkungan, sebab dalam kehidupan sosial dan budaya masyarakat Sigi selalu hidup berdampingan dengan Alam.

Kadis Lingkungan Hidup menyampaikan bahwa Pemkab Sigi sudah tepat melakukan Studi Tiru di Kota Surabaya. Sejak Tahun 2000-an, masalah sampah di Kota Surabaya sudah dalam tahap memprihatinkan.

Hal ini mendorong inovasi dari Pemkot Surabaya untuk mengelola sampah secara humanis bersama masyarakat dan stakeholder lainnya. Harapannya, Pemkab Sigi juga dapat segera mengaplikasikannya di Kab. Sigi. Apalagi dengan adanya konsep Sigi Hijau, tentu saja hal tersebut merupakan inovasi dalam pengelolaan lingkungan termasuk pengelolaan sampah.

LEAVE A REPLY