Sigi  

Penanaman Jagung Bupati Serahkan Alsintan

SIGI – Bupati Sigi Mohamad Irwan, S.Sos., M.Si. menghadiri acara penanaman jagung yang dirangkaikan dengan penyerahan bantuan Alsintan alat mesin pertanian.

Alaintan berupa 1 unit John dere dan 1 unit mesin Combine Harvester kepada Kelompok Tani Makmur Perkasa, Desa Karawana, Kecamatan Dolo.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Sigi Rahmad Iqbal Nurchalish, Kepala Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Provinsi Sulawesi Tengah diwakili oleh Penyuluh Mardina, SP. M. Si. Unsur Forkopimda, Camat Dolo, Kepala Desa Karawana, Penyuluh Pertanian Kecamatan Dolo dan Sigi Biromaru serta Kelompok Tani. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Karawana Kecamatan Dolo.

Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Sigi menyampaikan beberapa hal diantaranya terkait dengan hasil produksi pertanian khususnya tanaman pangan dalam hal ini padi untuk periode januari sampai akhir November produksi kita berada di angka 84.147 ton gabah kering giling.

” produksi ini meningkat signifikan dibanding tahun 2021 kemarin yang sampai Desember berjumlah 83. 143 ton. Untuk Tahun 2022 ini bantuan benih padi tidak sebesar dibanding tahun 2021 kemarin,” Ucapnya

Terkait kegiatan program pertanian Tahun 2022 ini telah terealisasi pembagian untuk durian , kelengkeng, alpukat, dan manggis, dan untuk Kulawi Raya kita mendapat bantuan dari Program JIZ sebanyak 24.000 pohon untuk durian baik Musang King ataupun montong, alpukat dan kayu nantu.

Di tahun ini juga Pemerintah Daerah telah menyerahkan bantuan berupa kopi robusta maupun arabika yang disebar di Kecamatan Marawola dan Palolo khususnya di Lembantongoa, serta menyerahkan alsintan kepada petani berupa hand traktor, cultivator, pompa air, dan mesin potong rumput.

” terkait dengan bantuan dari Kementerian Pertanian dimana untuk Tahun 2022 ini kita mendapat benih padi, jagung,, alsintan, traktor roda empat, dan pompa air. Di tahun ini pula kita mendapat alokasi jalan usaha tani, irigasi tanah dalam, jaringan irigasi tingkat usaha tani yang dikelola langsung oleh masing-masing kelompok tani,”jelasnya.

Sementara itu Bupati Sigi dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam situasi dan kondisi apapun pemerintah akan selalu hadir memberi pelayanan kepada masyarakat salah satunya dengan pemberian bantuan alat mesin pertanian untuk para petani.

” Bantuan alsintan ini bertujuan membantu para petani dalam pengolahan lahan pertanian. Bantuan ini juga sebagai salah satu bentuk upaya Pemkab Sigi dalam meningkatkan hasil pertanian yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,”kata Bupati.

Terkait dengan penyerahan bantuan ini tidak hanya dikawal pada saat penyerahan bantuan tetapi dikawal sampai dengan pemanfaatannya, penanaman bibit, pemeliharaan bibit, dan bahkan sampai bantuan itu menghasilkan. Beliau juga mengatakan bahwa bantuan alsintan ini diberikan kepada kelompok bukan individu atau perorangan.

Pada kesempatan itu juga beliau menyampaikan tentang rencana pembangunan Rumah Potong Hewan Modern, Pasar Hewan Modern yang akan dibangun pada tahun depan dan berharap Sigi ini akan lebih baik lagi kedepannya. Selanjutnya Bupati berharap melalui bantuan alsintan ini para petani mampu bekerja secara efektif dan efisien dalam mengolah lahan pertanian sehingga produktivitas pertanian dapat meningkat. Ia juga menghimbau para penerima bantuan untuk menjaga dan merawat alsintan itu agar bisa dimanfaatkan secara berkelanjutan. Jum’at, 30 Desember 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *