Sigi  

MUSDES PENETAPAN APBDes DESA MAKU THN 2023

SIGI,– Pemerintah Desa Maku, Bersama dengan BPD Maku laksanakan Musyawarah Desa (MUSDES) Selasa, 04 April 2023 bertempat di Kantor Kepala Desa Maku

Hadir di Acara MUSDES tersebut Kepala Desa Maku Rahima Djadau Sekretaris Desa Maku Moh.Fadhil Spd.M.Pd, Ketua BPD Anshar, Wakil Ketua BPD, Sekretaris BPD beserta Anggota, Pendamping Desa Sarfan M.Amin, Jalaludin, Herawati H, Bhabinkamtibmas Desa Maku, Para perangkat Desa, Kepala Dusun Ketua RT, Tokoh Masyarakat, Lembaga Adat, Imam Desa dan Masyarakat Lainnya.

Sekretaris Desa Maku Moh. Fadil dalam memaparkan program-program kerja Pemerintah Desa, untuk tahun 2023 di hadapan para peserta MUSDES sebelumnya di awalinya Dengan menyampaikan jumlah pagu Anggaran 2023 yang berbeda dengan Pagu tahun Sebelumnya yaitu tahun 2022.

” Untuk Alokasi Dana Desa(ADD) tahun 2023 ini Pagu kita Turun Kisaran 26 persen yang mana Tahun 2022 lalu berjumlah Rp.359.777.600.00 dan di tahun 2023 berjumlah Rp.247.688 004,00 Dengan berkurang nya pagu anggara kita tentunya berdampak pada Siltap dan pembayaran Honor mulai dari Kepala Desa sekretaris Desa Perangkat Desa, Kepala Dusun Serta BPD mengalami pengurangan Sekian Persen perbulannya,”jeasnya

Masuk Kepada Pembahasan Dana Desa (DD), Ucap Fadhil Untungnya Pagu anggaran Dana Desa(DD) kita di tahun 2023 mengalami Kenaikan di Banding Tahun Lalu 2022.

Lanjut pemaparan Fadhil Sampai kepada Pembahasan tentang STUNTING, ketahanan pangan dan penyertaan Modal Buat BUMDES sebesar Rp.50.000.00 (Lima puluh juta rupiah).

Di penghujung Rapat tersebut, untuk Ketahanan Pangan, Kepala Desa Maku Rahima Djadau mengusulkan sebagian Anggarannya itu di alihkan ke pembuatan atau pengadaan Pupuk Organik, yang mana Jelas Rahima Djadau bahwa Penggunaan Pupuk Organik Buat Kelompok-kelompok Tani itu, selain mempunyai ke Unggulan sama dengan Pupuk Non Organik, juga Anggarannya Sangat Murah, sebagaimana penjelasan Rahima Djadau tersebut di dapatkannya sewaktu mengikuti Rapat di dinas Pertanian Sigi bersama Perusahaan Pupuk Nasional.
Namun para peserta Rapat tidak setuju atau tidak sependapat dengan Usulan Kepala Desa itu, dan memilih program ketahan pangan tersebut di Adakan pengadaan Beras seperti Tahun lalu 2022, dan berakhir dengan kesepakatan pengadaan Beras dan Dua Rak Telur per Kepala Rumah Tangga.

Di tempat yang sama Ketua BPD Anshar Usai MUSDES, jelang penanda tanganan berita Acara hasil kesepakatan itu menjadi PERDES saat di konfirmasi tentang Jalannya MUSDES itu mengatakan Bahwa sebelum di laksanakan MUSDES hari ini yaitu kemarin tanggal 03/04/2023 Pemdes bersama kami BPD telah laksanakan Rapat mengenai Program yang telah di susun Oleh penitia penyusun APBDes, yang mana bertujuan untuk menyamakan Pandangan antara PEMDES dan BPD dan Alhamdulillah MUSDES Hari berjalan dengan Baik, ada pun tadi ada pembahasan mengenai Ketahan Pangan, STUNTING dan BUMDES itu yang agak lama pembahasannya akan tetapi Sudah ada jalan keluarnya, dan masyarakat juga sudah dapat memahaminya.

Dilanjutkan dengan penanda tanganan Berita acara, diawali Oleh Kepala Desa Maku, Ketua BPD, Pendamping Desa dan Tiga Orang dari perwakilan Masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *